Sukses

Ma'ruf Amin Lihat Potensi Industri Halal di Sidoarjo: Harus Dipromosikan

a'ruf Amin melihat ada potensi industri halal dunia di Sidoarjo, Jawa Timur. Dia berharap, pemerintah provinsi Jatim bisa mendorong fasilitasnya agar disiapkan.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Ma'ruf Amin melihat ada potensi industri halal dunia di Sidoarjo, Jawa Timur. Dia berharap, pemerintah provinsi Jatim bisa mendorong fasilitasnya agar disiapkan.

Adapun industri halal yang dimaksud Ma'ruf Amin yakni SAFE and LOCK Halal Industrial Park (HIP).

"Saya mengharapkan agar pemerintah daerah Jawa Timur dapat segera mendorong agar semua fasilitas yang dibutuhkan di dalam suatu kawasan industri halal dapat segara terpenuhi," kata Ma'ruf Amin saat mengisi webinar "Menyongsong Era Halal Industri Jawa Timur: Peluang dan Tantangan," yang dikutip dari siaran persnya, Kamis (4/3/2021).

Dia mencontohkan fasilitas -fasilitas yang dibutuhkan di HIP, seperti fasilitas lembaga pemeriksa halal termasuk ketersediaan penyelia halal, laboratorium, instalasi pengolahan air baku halal, layanan keuangan syariah, dan fasilitas penunjang lainnya.

Ma'ruf Amin optimis Provinsi Jatim memiliki daya saing industri karena tersedianya sumber daya manusia yang baik, sumber daya alam yang melimpah, serta tersedianya infrastruktur jalan, pelabuhan dan bandara yang memadai.

Dirinya berharap Pemprov Jatim memanfaatkan peluang tersebut dengan aktif mempromosikan kawasan industri halal di Sidoarjo dan memberikan berbagai kemudahan agar para investor agar dapat segera beroperasi.

"Untuk Pemerintah Daerah Jawa Timur bersama pengelola kawasan industri halal saya harapkan agar dapat lebih gencar mempromosikan dan mengundang pelaku usaha agar kawasan Industri halal ini secepatnya beroperasi dan menyerap tenaga kerja," kata Ma'ruf Amin. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Salah Satu Prioritas

Ma'ruf Amin mengatakan, saat ini pengembangan industri produk halal menjadi salah satu prioritas dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

Pengembangan industri produk halal ini bukan semata-mata untuk produk halal itu sendiri, tetapi bertujuan untuk untuk menggerakkan industri domestik yang dapat menciptakan lapangan kerja dan mendorong perekonomian nasional.

Selain itu pengembangan industri produk halal juga bertujuan untuk melibatkan pelaku usaha kecil dan menengah dalam rantai pasok industri halal global.

"Semua peluang ini harus ditangkap oleh seluruh pemangku kepentingan di Jawa timur dalam rangka menuju salah satu pusat produk halal di Indonesia," kata dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.