Sukses

Jokowi: Kinerja Perekonomian Indonesia Sangat Terganggu Akibat Pandemi Covid-19

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan pandemi Covid-19 yang telah melanda Indonesia selama satu tahun, membuat kinerja perekonomian nasional menjadi terganggu.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan pandemi Covid-19 yang telah melanda Indonesia selama satu tahun, membuat kinerja perekonomian nasional menjadi terganggu. Akibatnya, pertumbuhan ekonomi nasional anjlok di angka minus 2,19 persen di 2020.

Hal ini disampaikan Jokowi saat meresmikan Pembukaan Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdanganan Tahun 2021 dari Istana Negara Jakarta, Kamis (4/3/2021), sebagaimana ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden.

"Akibat pandemi selama setahun ini kinerja perekonomian kita sangat terganggu. Kita tahu growth di tahun 2020, pertumbuhan ekononomi kita jatuh di minus 2,19 (persen). Akibat pandemi selama setahun ini kinerja perekonomian kita berada dalam situasi yang tidak mudah, berada dalam situasi yang tidak gampang," jelas Jokowi.

Untuk itu, dia meminta jajarannya bekerja keras mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Jokowi menargetkan pertumbuhan ekonomi dapat tumbuh positif di angka 5 persen pada 2021.

"Dalam kaitan ini, saya minta kita semuanya sekali lagi bekerja keras dan saya minta agar kebijakan perdagangan memberikan kontribusi besar terhadap agenda strategis pemulihan perekonomian nasional kita," katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Undang Investor

Menurut dia, kebijakan perdagangan harus menjamin ketersediaan kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau. Kemudian, menjamin stabilitas harga hingga menghidupkan sektor perekonomian yang sempat terganggu akibat krisis.

"Kita harus bekerja lebih detail, sektor-sektor mana yang terganggu dan harus diapakan. Apakah diberi insentif, atau diberi stimulus," ujar Jokowi.

Dia menekankan kunci pertumbuhan ekonomi adalah dengan mengundang investasi baru. Selain itu, membuka lapangan pekerjaan yang sebanyak-banyaknya untuk masyarakat.

"Ini yang ditunggu-tunggu masyarakat. Karena sudah ada sekarang ini hampir 10 juta pengangguran di negara kita baik karena pandemi dan juga angkatan kerja baru," tutur Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Pandemi COVID-19 adalah peristiwa menyebarnya Penyakit koronavirus 2019 di seluruh dunia

    Pandemi COVID-19