Sukses

Polisi Kembali Kirim Berkas Perkara Gisel dan Nobu ke Kejaksaan

Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya kembali mengirimkan berkas perkara video syur Gisel dan Nobu ke Kejaksaan.

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya kembali mengirimkan berkas perkara artis Gisella Anastasia atau Gisel dan Michael Yukinobu Defretes atau Nobu ke Kejaksaan. Berkas ini terkait perkara video syur yang melibatkan keduanya.

"Untuk berkas perkara P 19 dari JPU (jaksa penuntut umum), sudah dilengkapi dan sudah dikirim kembali ke JPU," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dihubungi, Selasa (2/3/2021).

Namun demikian, dia tidak menyebutkan kapan berkas perkara tersebut dikirim kembali ke Jaksa Penuntut Umum. "Sudah terkirim. Kita tunggu hasil dari JPU," kata Yusri.

Sebelumnya, Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta mengembalikan berkas perkara video syur artis Gisella Anastasia (GA) atau Gisel dan Michael Yukinobu Defretes (MYD) ke Polda Metro Jaya. Berkas perkara dinilai belum lengkap.

"Setelah dipelajari dan diteliti oleh tim jaksa penuntut umum (JPU) selama 12 hari, berkesimpulan bahwa berkas perkara tersebut belum lengkap," kata Kepala Seksi Penerangan dan Hukum (Kasi Penkum) Kejati DKI Jakarta Ashari Syam dalam keterangan tertulis, Rabu (17/2/2021).

Ashari menilai, berkas belum memenuhi syarat formal dan syarat materiil. Salah satunya terkait dengan unsur-unsur pasal pidana ITE dan/Pornografi yang disangkakan kepada Gisel dan Nobu. Penyidik memberikan rekomendasi untuk kembali memeriksa saksi fakta dan saksi ahli.

"Oleh karena itu maka pada 15 Februari 2021, Tim JPU mengembalikan berkas perkara tersebut kepada penyidik Polda Metro Jaya disertai dengan petunjuk untuk dilengkapi," tandas dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Video Syur Dibuat pada 2017

Sebelumnya, polisi menyebut bahwa video syur dibuat di salah satu hotel kawasan Medan pada 2017 silam. Ketika itu Gisel sedang mengisi acara di salah satu kawasan di Kota Medan.

Gisel mengundang Michael untuk turut terlibat di dalamnya sebagai Asisten Manager. Michael tak keberatan dengan ajakan Gisel. Meski, saat itu sedang berada di Jepang.

Akhirnya mereka bertemu di hotel. Menurut pengakuan Gisel dan Michael, mereka sempat menengak minuman keras. Kemudian melakukan hubungan layak suami-istri.

Gisel pun merekam adegan syur dengan posel miliknya. Tapi video syur tiba-tiba beredar di media sosial. Kepolisian pun mengidentifikasi dua orang yang menyebarkan secara masif.

Mereka adalah PP dan MM kepada polisi, mereka mengakui menyebarkan di akun twitter pribadinya dengan tujuannya meningkatkan jumlah pengikut di media sosial.

Sementara itu, dari pemeriksaan digital forensik menguatkan bahwa video itu diperankan oleh Gisel bersama Michael Yukinobu Defretes.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.