Sukses

Pendiri Demokrat Klaim Kantongi Ratusan Suara DPC untuk Gelar KLB

Hengky Luntungan mengklaim mengantongi dukungan suara dari tingkat DPC untuk menggelar Kongres Luar Biasa (KLB).

Liputan6.com, Jakarta Pendiri Partai Demokrat Hengky Luntungan mengklaim mengantongi dukungan suara dari tingkat DPC untuk menggelar Kongres Luar Biasa (KLB).

"Sudah di 300-an mau 400. Sudah 70-80 persen kok," kata Hengky saat dikonfirmasi, Senin (1/3/2021).

Dia membantah bahwa KLB harus seizin Majelis Tinggi Partai Demokrat, yang diketahui itu dipimpin oleh Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY yang merupakan ayahanda dari Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

"Tidak mestilah. Jika konstituen DPC, DPD siap untuk melakukan KLB, itu sah," tutur Hengky.

Dia menuutrkan, jika para DPC dan DPD berkenan untuk meminta KLB dan sesuai dengan Anggaran Dasar dan Rumah Tangga Demokrat mencukupi forum, maka sah bisa dilakukan.

Bahkan, Hengky menyebut KLB sudah siap digelar. Hanya belum diungkapkan ke publik.

"Kesiapan kita yang harus benar-benar siap oleh karena kehadiran dari sekian banyak DPC dari luar daerah. Mereka kan pemilik suara," kata Hengky.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada yang Menolak

Para pendiri Partai Demokrat (PD) keberatan terhadap segelintir oknum pendiri Partai Demokrat serta mantan-mantan kader PD yang berniat mengambil alih kepemimpinan Partai Demokrat secara tidak sah, berkonspirasi dengan pihak eksternal.

Para pendiri solid mendukung kepemimpinan serta kepengurusan Partai Demokrat yang sudah disahkan pemerintah. Mereka juga mengapresiasi keputusan pemecatan kader-kader yang berkhianat.

Ini disampaikan Steven Rumangkang, Ketua Forum Komunikasi Pendiri dan Deklarator Partai Demokrat, menanggapi konferensi pers yang dilakukan Hengky Luntungan dan segelintir oknum pendiri partai lainnya, Minggu (28/2)/2021.

"Hengky bertindak atas namanya sendiri. Kami, para pendiri Partai Demokrat, solid berada di belakang Ketum AHY dan pengurus DPP yang sah," kata dia.

Di mata Steven dan para pendiri PD lainya, Hengky Luntungan tidak punya kapasitas dan legal standing untuk mempersoalkan kepemimpinan PD, apalagi mengusulkan KLB atau mempersoalkan pemecatan. "Ini semua urusan internal Partai Demokrat dan sudah ada mekanismenya berdasarkan ART PD BAB VII, Pasal 83," tegas Steven.

Steven tercatat sebagai pendiri nomor 99 dan merupakan putra mendiang Vence Rumangkang yang merupakan pendiri Partai Demokrat nomor 1, sesuai akte pendirian Partai Demokrat. Selain Steven, Vera Rumangkang, putri mendiang Vence, juga tercatat sebagai pendiri dan kini menjadi Waketum PD serta anggota DPR RI.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.