Sukses

3 Harapan Jokowi Saat Resmikan KRL Lintas Yogyakarta-Solo

Salah satunya Jokowi berharap, kehadiran KRL lintas Yogyakarta-Solo dapat membantu mobilisasi masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan pengoperasian kereta rel listrik (KRL) lintas Yogyakarta-Solo pada hari ini, Senin (1/3/2021).

Sebelum akhirnya diresmikan Jokowi, pada Minggu, 28 Februari 2021 Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama rombongan KAI telah melakukan inspeksi.

Sejumlah harapan kemudian disampaikan Jokowi saat meresmikan KRL lintas Yogyakarta-Solo tersebut.

Salah satunya diharapkan Jokowi, kehadiran moda transportasi itu dapat membantu mobilisasi masyarakat serta memberikan nilai tambah ekonomi bagi warga sekitar, khususnya yang berada di Yogyakarta, Klaten, dan Solo.

"KRL ini lebih cepat daripada Prameks, kira-kira 10 menit, dari sisi operasional juga jauh lebih murah dari yang sebelumnya. Dan yang paling penting ini ramah lingkungan," ujar Jokowi dalam peresmian di Stasiun Tugu, Yogyakarta, Senin (1/3/2021).

Selain itu, Jokowi pun berharap untuk ke depannya, transportasi publik harus ramah lingkungan dan menggunakan listrik.

Dalam peresmian ini juga turut hadir Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Berikut sejumlah harapan yang disampaikan Jokowi saat meresmikan KRL lintas Yogyakarta-Solo dihimpun Liputan6.com:

 

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Permudah Mobilisasi dan Meningkatkan Perekonomian

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian Kereta Rel Listrik (KRL) lintas Yogyakarta-Solo pada Senin (1/3/2021), di Yogyakarta.

Kehadiran KRL Yogyakarta-Solo ini diharapkan bisa membantu mobilisasi masyarakat, serta meningkatkan perekonomian.

"Kita harap bisa bisa membantu mobilisasi orang maupun barang dari Yogyakarta ke Solo, dan Solo ke Yogyakarta. Dan juga meningkatkan pariwisata dan ekonomi kita," kata Jokowi.

 

3 dari 5 halaman

Ungguli Prameks dan Ramah Lingkungan

KRL ini sudah beroperasi sejak 10 Februari 2021 menggantikan KA Prambanan Ekspres atau Prameks. Mengenai kecepatannya, Jokowi pun mengatakan, KRL ini mengungguli Prameks.

"KRL ini lebih cepat daripada Prameks, kira-kira 10 menit, dari sisi operasional juga jauh lebih murah dari yang sebelumnya. Dan yang paling penting ini ramah lingkungan," ucap Jokowi.

 

4 dari 5 halaman

Transportasi Publik Diharap ke Depan Ramah Lingkungan

Jokowi menyatakan, ke depan transportasi publik harus ramah lingkungan dan menggunakan listrik.

"Karena moda transportasi kita ke depan harus semuanya mengarah pada transportasi massal ramah lingkungan. Juga kendaraan-kendaraan semuanya ramah lingkungan, yaitu listrik," tutup Jokowi.

 

(Dinda Permata)

5 dari 5 halaman

Lonjakan Kasus Covid-19 dan Amarah Jokowi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.