Sukses

60 Titik Longsor Akibat Gempa di Mamuju Telah Dibuka

Sebanyak 60 titik longsor di Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat telah terbuka dan dapat dilalui masyakarat.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 60 titik longsor di Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat telah terbuka dan dapat dilalui masyakarat.

"Upaya kerja keras pemerintah dalam penanganan longsor usai bencana gempa bumi, memperlihatkan hasil, sebanyak 60 titik longsor yang berada di Kabupaten Mamuju dan Majene kini telah terbuka dan dapat diakses masyarakat," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sulbar, M Aksan di Mamuju, Sabtu (28/2/2021).

Aksan mengatakan, titik longsor yang sudah dibuka tersebut merupakan jalan desa antara desa Salutambung menuju Desa Urekan Kecamatan Ulumanda Kabupaten Majene. Sebab longsor di wilayah ini paling banyak yakni 46 titik.

Selain itu jalan di Desa Labuan Rano, Tappalang Barat Kabupaten Mamuju serta di Dusun Lombe Desa Taukong Kecamatan Ulumanda Kabupaten Mamuju.

Ia menyampaikan, pemerintah juga sebelumnya, sudah membuka lima titik longsor di jalan poros trans Sulawesi antara Kabupaten Majene dan Mamuju.

"Jalan trans Sulawesi sudah bisa dilalui masyarakat setelah sebelumnya tertutup longsor akibat gempa," katanya seperti dikutip dari Antara.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dibantu TNI

Ia menyampaikan, membuka jalan di titik longsor itu dilakukan oleh TNI sehingga daerah yang terisolasi di Sulbar dapat terbuka.

"Hingga saat ini, TNI dan relawan telah terus bersiaga dan bekerja membuka longsor yang masih tersisa yang medan jalannya ekstrem dan membutuhkan waktu yang lama," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Longsor atau disebut gerakan tanah, adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi, karena pergerakan masa batuan atau tanah.

    longsor

  • Mamuju adalah kota yang terdapat di bagian barat Sulawesi.
    Mamuju adalah kota yang terdapat di bagian barat Sulawesi.

    mamuju