Sukses

4 Hal soal Gibran dan Pelantikannya Jadi Wali Kota Solo

Usai dilantik, tak perlu waktu lama bagi Gibran dan Teguh untuk mulai bekerja. Keduanya langsung mengecek pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Pasar Gede Solo.

Liputan6.com, Jakarta - Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa resmi dilantik menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo, pada Jumat (26/2/2021). Prosesi pelantikan digelar secara virtual di Gedung DPRD setempat pagi tadi.

Selain digelar virtual, penerapan protokol kesehatan pun ketat dilakukan. Hanya 25 orang, itu pun termasuk para istri dari wali kota dan wakil wali kota terpilih. 

Usai dilantik, tak perlu waktu lama bagi Gibran dan Teguh untuk mulai bekerja. Keduanya langsung mengecek pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Pasar Gede Solo.

"Tidak usah menunggu sampai Senin, setelah acara pelantikan ini saya dan Pak Teguh langsung cek persiapan vaksinasi di Pasar Gede. Sabtu dan Minggu tetap kerja," kata Gibran.

Usai Pasar Gede dan Klewer, Gibran berencana blusukan ke Pasar Depok dan Pasar Harjodaksino.

"Nanti menyusul Pasar Depok dan Pasar Harjodaksino hari Senin dan Selasa nanti," kata Gibran.

Berikut sejumlah hal terkait pelantikan Gibran dan Teguh sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo terpilih hingga langsung bluskan usai resmi menjabat: 

  

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Digelar Virtual di Gedung DPRD Solo

Balai Tangarum Balai Kota, rencanannya akan menjadi lokasi pelantikan bagi Gibran dan Teguh sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo. Namun, rencana tersebut akhirnya dibatalkan.

Pada Jumat pagi, sekitar pukul 08.00 WIB, keduanya telah resmi dilantik di Gedung DPRD Solo yang dilakukan secara virtual.

"Perubahan lokasi pelantikan ke gedung DPRD kita lakukan sesuai arahan pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Nanti sekaligus akan dilakukan serah terima jabatan dan pidato pertama wali kota," kata Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo Wahyu Kristina, Selasa, 23 Februari. 

Menurut dia, prosesi pelantikan tetap dilakukan secara virtual oleh gubernur. Demi efektivitas akan dilakukan sekaligus serah terima jabatan dan rapat paripurna DPRD.

3 dari 5 halaman

Dihadiri 25 Tamu Undangan

Seperti rencana awal, tamu undangan yang hadir tetap dibatasi. Yakni hanya 25 orang, termasuk wali kota dan wakil wali kota terpilih beserta istri.

Sedangkan undangan lainnya dari unsur Forkopimda, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Plh Wali Kota serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota periode sebelumnya.

Setelah acara pelantikan, lanjut Wahyu, akan dilanjutkan serah terima pengurus tim penggerak PKK dan ketua Dekranasda. Dimana jabatan tersebut diemban oleh Selvi Ananda, istri Gibran. Pihaknya akan melakukan gladi bersih pada Kamis (25/2/2021).

4 dari 5 halaman

Gubernur Ganjar Pranowo Memandu Pengambilan Sumpah Virtual

Terkait pembacaan sumpah janji sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo terpilih secara virtual dilakukan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Pada kesempatan tersebut, turut dilantik pula Selvi Ananda sebagai Ketua Tim Pengerak PKK dan Ketua Dekranasda Kota Solo oleh Ketua Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Tengah, Atikoh Ganjar Pranowo.

5 dari 5 halaman

Langsung Blusukan

Usai dilantik, Gibran bersama Teguh langsung melakukan kunjungan kerja persiapan kegiatan vaksinasi di Pasar Gede Solo dan Pasar Klewer.

Gibran mengunjungi Pasar Gede untuk mengecek persiapan vaksinasi untuk pedagang.

Gibran menjelaskan dirinya dan Teguh akan langsung melakukan blusukan untu kerja, kerja dan kerja. Bahkan, Gibran sudah menjadwalkan kunjungan kerja ke beberapa titik.

"Kami hari Sabtu dan Minggu tidak libur untuk mengebut kegiatan vaksinasi untuk percepatan pemulihan ekonomi di Solo," ujar Gibran usai acara pelantikan.

Tak hanya ke Pasar Gede, Gibran berencana mengunjungi Pasar Klewer untuk mengecek persiapan vaksinasi Covid-19 yang akan digelar pada Sabtu, 27 Februari 2021 besok.

Seperti janji Gibran dalam pidatonya saat serah terima jabatan di sidang paripurna DPRD Kota Solo, dia bakal bekerja tanpa mengenal waktu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.