Sukses

Jokowi soal Transformasi Digital: Jangan Hanya Untungkan Pihak Luar

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan konektivitas digital harus berpegang teguh kepada kedaulatan bangsa di tengah-tengah globalisasi dan hyperkompetisi.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan konektivitas digital harus berpegang teguh kepada kedaulatan bangsa di tengah-tengah globalisasi dan hyperkompetisi.

Hal ini disampaikannya saat memberikan sambutan dalam Peluncuran Program Konektivitas Digital 2021 dan Prangko Seri Gerakan Vaksinasi Covid-19 dari Istana Negara Jakarta, Jumat (26/2/2021).

"Kita harus memastikan transformasi digital jangan hanya menguntungkan pihak luar, jangan hanya menambah impror, ini yang selalu saya tekankan. Kedaulatan dan kemandirian digital harus menjadi prinsip penting dalam transformasi digital kita," kata Jokowi.

Menurut dia, transformasi digital harus mendorong tingkat komponen dalam negeri, pemakaian produk-produk dalam negeri, dan mendorong penguasaan teknologi digital mutakhir oleh semua anak bangsa.

Kendati begitu, Jokowi mengingatkan kedaulatan dan kemandirian digital ini bukan berarti Indonesia bangsa yang proteksionisme.

"Kita bukan bangsa yang menyukai proteksionisme, karena sejarah membuktikan proteksionisme justru merugikan tetapi kita juga tidak boleh menjadi korban unfair practices dari raksasa digital dunia," kata Jokowi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menjadi Solusi Semua Pihak

Jokowi menegaskan bahwa transformasi digital harus menjadi win win solution bagi semua pihak.

Dia berharap program konektivitas digital 2021 dapat menghubungkan Indonesia dengan teknologi baru.

"Saya berharap program konektivitas digital 2021 menjadi momen penting yang bisa menghubungkan Indonesia dengan tekonologi baru, dengan pola pikir, dengan mindset baru, dengan kesempatan bisnis globar baru dan masa depan baru menuju Indonesia maju," kata Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Digital