Sukses

Sandiaga Temui Kapolri Listyo Bahas Persiapan Destinasi Wisata Super Prioritas

Sandiaga Uno mengatakan, sudah menjadi tugasnya di Kemenparekraf untuk membangkitkan pariwisata dan memulihkan ekonomi kreatif.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bertemu dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (24/2/2021). Salah satu hal yang dibahas terkait persiapan destinasi wisata super prioritas.

"Ada beberapa arahan dari Pak Presiden berkaitan dengan penyiapan lima destinasi super prioritas. Ini yang akan kita lakukan langkah-langkah strategis agar penyiapan ini 360 derajat, bukan hanya infrastruktur, interkoneksi, maupun jaringan, tapi juga dari segi produk-produk ekonomi kreatif dan kalender event," tutur Sandiaga di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (24/2/2021).

Sandiaga mengatakan, sudah menjadi tugasnya di Kemenparekraf untuk membangkitkan pariwisata dan memulihkan ekonomi kreatif. Keseluruhannya menuntut adanya kolaborasi yang baik antarinstansi.

"Seperti kita ketahui 34 juta masyarakat Indonesia yang menggantungkan hidunya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, termasuk juga penyiapan event, ini yang banyak ditunggu dan hari ini saya berkoordinasi dengan Kapolri," jelas dia.

Dengan begitu, lanjut Sandiaga, pihaknya ingin menunjukkan bahwa kinerja yang dilakukan pemerintah dalam menghidupkan kembali ekonomi kreatif dan pariwisata tetap sejalan dengan upaya menekan laju penularan virus Corona atau Covid-19.

"Dalam bingkai prokes yang ketat dan disiplin, dengan sertifikasi CASE kita bisa memulai sesuai dengan tadi koordinasi saya juga dengan Pak Kapolri dan Pak Menkes adalah event-event yang terkurasi dengan baik dan mengacu pada prokes yang ketat disiplin," kata Sandiaga Uno.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Polri Siap Kawal

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menambahkan, pihaknya telah melakukan peninjauan ke sejumlah lokasi yang terkait dengan destinasi wisata, khususnya dalam pengawasan pelaksanaan PPKM Mikro.

"Memang untuk bisa memperkenalkan pada masyarakat dalam negeri maupun luar terkait dengan bahwa pariwisata kita sudah aman, salah satunya dengan mengecek bagaimana pelaksanaan penegakan aturan kesehatan yang jadi standar bersama," ujar Listyo.

Listyo yakin, dengan persiapan yang matang maka destinasi wisata di Indonesia dapat pulih kembali. Polri pun siap mengawal program Kemenparekraf agar evet nasional hingga internasional dapat terlaksana dengan baik.

"Dimulai dari domestik, baru mancanegara. Namun yang jelas saya yakin dengan program yang sangat kuat bagi petugas-petugasnya, pasar-pasar yang menyiapkan produk-produk kreatif dari masyarakat yang ada di area tersebut, apabila kita berikan program tersebut, disiapkan vaksinasi, kemudian 3M 3T kuat, kami yakin pertumbuhan di sektor pariwisata segera pulih," Listyo menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.