Sukses

Banjir Jakarta, Wagub DKI Minta Pengelola Gedung Parkirkan Mobil Tamu Ditempat Tinggi

Sebelum terjadinya hujan, Riza menyarankan pengelola hotel dan gedung mengambil langkah pencegahan dini, untuk meminimalisir dampak banjir terhadap kendaraan para tamu.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta pihak manajemen hotel, dan pengelola gedung agar menempatkan parkir kendaraan mobil di tempat tinggi.

Menurut Riza, hal ini penting dijalankan sebagai antisipasi hadapi curah hujan ekstrem yang kerap terjadi pada malam hingga dini hari.

"Kita juga meminta seluruh manajemen apartemen, hotel, restoran dan sebagainya apabila berada di titik-titik yang berpotensi tergenang air, seperti di Kemang, pastikan semua tamunya, mobilnya, ditempatkan di tempat yang tinggi," kata Riza di Balai Kota, Senin, 22 Februari malam.

Politikus Gerindra itu berujar, hujan yang turun pada malam hari membuat warga tidak sempat mengevakuasi kendaraan atau barang-barang mereka.

Untuk itu, sebelum terjadinya hujan, Riza menyarankan pengelola hotel dan gedung mengambil langkah pencegahan dini, untuk meminimalisir dampak banjir terhadap kendaraan para tamu.

"Kalau ada genangan air yang datang ketika kita tidur, sehingga mobil kita tidak tergenang seperti yang terjadi di Kemang," ucapnya.

Dia kembali mengingatkan warga Jakarta tetap waspada terhadap curah hujan ekstrem hingga Maret. Hal ini berdasarkan prediksi cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geosifisika (BMKG), masih terjadi potensi hujan ekstrem pada akhir Februari hingga awal Maret.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banjir di Kawasan Kemang Jaksel

Sebelumnya, kawasan Kemang, Jakarta Selatan, pada Sabtu (20/2) terendam banjir akibat curah hujan ekstrem sejak Jumat, 19 Februari 2021. Sehari kemudian, banjir di kawasan tersebut sudah surut. Kondisinya pun sudah dapat dilalui kendaraan.

Berdasarkan akun Twitter Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta @DinasSDAJakarta, kondisi surut total terpantau sejak pukul 05.44 WIB, Minggu (21/2/2021).

"Kondisi terkini Jalan Kemang Raya depan Kemchick dan sekitarnya, cuaca mendung, genangan surut, sudah dapat dilalui kendaraan, lalu lintas lancar," tulis akun Dinas SDA DKI Jakarta seperti dikutip, Minggu (21/2/2021).

Selain itu, kondisi banjir surut juga terdeteksi di Jalan Kemang Utara IX, Jalan Mampang Prapatan XVI, dan Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan.

Sejumlah wilayah di DKI Jakarta masih digenangi air usai banjir yang terjadi sejak Sabtu (20/2) pagi kemarin. Minggu pagi, banjir di banyak lokasi sudah surut, namun tetap menyisakan genangan.

Seperti di Ring Road Puri Kembangan atau Jalan Lingkar Luar Barat dari arah Cengkareng menuju Ciledug/Karang Tengah ataupun sebaliknya, masih terdapat genangan air setinggi 30 centimeter. 

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.