Top 3 News: Beragam Tanggapan Anies soal Banjir Jakarta

Oleh Fachrur RozieNafiysul QodarDevira Prastiwi pada 23 Feb 2021, 07:30 WIB
Diperbarui 23 Feb 2021, 07:30 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Perbesar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan | instagram.com/aniesbaswedan

Liputan6.com, Jakarta - Beragam tanggapan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait banjir di Ibu Kota yang terjadi akibat hujan deras sejak Jumat, 19 Februari 2021 menjadi top 3 news hari ini.

Tanggapan Anies tersebut salah satunya terkait dirinya yang menegaskan prioritas Pemprov DKI dalam penanganan banjir ada dua hal, di antaranya tidak adanya korban jiwa.

Selain itu, Anies juga mengajak masyarakat untuk bahu-membahu membantu korban terdampak banjir di Ibu Kota.

Kemudian, beredar video viral yang memperlihatkan terdapat puluhan orang lanjut usia (lansia) rela mengantre panjang untuk mendaftar vaksinasi Covid-19.

Antrean mengular itu terjadi pada Minggu 21 Februari 2021 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kembangan, Jakarta Barat.

Hal itu dibenarkan Camat Kembangan Joko Mulyono. Dia menyebut, antrean itu terjadi karena antusiasme warga lansia untuk mendaftar secara daring melalui situs yang terdaftar di Kementerian Kesehatan serta Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Sementara itu, Lembaga Survei Indonesia (LSI) kembali merilis temuannya terkait kepercayaan masyarakat terhadap lembaga.

Dan hasilnya pada temuan tersebut, kepercayaan masyarakat terhadap Presiden Joko Widodo alias Jokowi berada di bawah TNI bahkan di bawah Gubernur dan Wali Kota.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Senin, 22 Februari 2021:

2 dari 6 halaman

7 Pernyataan Anies Terkait Banjir Jakarta

Cerita Anies Baswedan Hobi Makan Nasi Lengko Cirebon Sejak Kecil
Perbesar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan selalu mampir ke kedai Nasi Lengko setiap ingin pulang ke kampung halamannya di Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menanggapi banjir yang terjadi di Ibu Kota akibat hujan deras sejak Jumat, 19 Februari 2021.

Salah satunya Anies menegaskan, prioritas Pemprov DKI dalam penanganan banjir ada dua, di antaranya tidak adanya korban jiwa.

"Nah, kita nomor satu memastikan seluruh masyarakat itu aman. Prioritas kita pertama dan terutama adalah memastikan warga selamat, jangan sampai ada korban jiwa," kata Anies saat meninjau ketinggian air dan menggelar rapat koordinasi di Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, Sabtu pagi, 20 Februari 2021.

Selain itu, Anies pun mengajak masyarakat untuk bahu-membahu membantu korban terdampak banjir di Ibu Kota. Dia mengatakan, bantuan bisa disalurkan melalui Posko BPBD DKI Jakarta dengan menghubungi kontak 081319332209 atas nama Dedi.

 

Selengkapnya...

3 dari 6 halaman

Viral Antrean Lansia Daftar Vaksinasi Covid-19 Mengular di RSUD Kembangan

FOTO: Tenaga Kesehatan Lansia Jalani Vaksinasi COVID-19 Perdana di RSCM Jakarta
Perbesar
Tenaga kesehatan menjalani pemeriksaan sebelum disuntik vaksin COVID-19 produksi Sinovac oleh vaksinator saat kegiatan vaksinasi di RSCM di Jakarta, Senin (8/2/2021). Kementerian Kesehatan secara resmi memulai vaksinasi tenaga kesehatan di atas 60 tahun pada hari ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebuah video viral menunjukkan puluhan orang lanjut usia (Lansia) rela mengantre panjang untuk mendaftar vaksinasi Covid-19. Antrean mengular itu terjadi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kembangan, Jakarta Barat, Minggu 21 Februari 2021.

Camat Kembangan Joko Mulyono menyebutkan, terjadi antusiasme warga lansia untuk mendaftar secara daring melalui situs yang terdaftar di Kementerian Kesehatan serta Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

"Jadi banyak sekali yang mendaftar, sehingga hari pertama ini jumlah yang datang cukup besar," kata Joko dikutip dari Antara.

Lansia yang antre mendaftar vaksinasi Covid-19 di RSUD Kembangan itu mengular hingga ke luar jalan. Peristiwa itu terlihat dari video yang tersebar luas melalui media sosial.

 

Selengkapnya...

4 dari 6 halaman

Survei LSI: Kepercayaan terhadap Presiden di Bawah TNI dan Gubernur

Jokowi Beri Arahan di Rakornas Karhutla 2020
Perbesar
Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan pengarahan kepada para peserta Rapat Koordinasi Nasional Kebakaran Hutan dan Lahan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (6/2/2020). Jokowi memperingatkan Polri dan TNI untuk menindak tegas pelaku pembakaran hutan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Lembaga Survei Indonesia (LSI) kembali merilis temuannya terkait kepercayaan masyarakat terhadap lembaga. Hasilnya, dalam temuan tersebut, kepercayaan masyarakat terhadap Presiden Joko Widodo alias Jokowi berada di bawah TNI bahkan di bawah Gubernur dan Wali Kota.

Sementara lembaga yang paling tidak dipercaya masyarakat atau berada di posisi paling bawah adalah partai politik.

"Yang menarik, tingkat kepercayaan terhadap gubernur lebih tinggi dari pada presiden," ujar Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam konferensi pers virtual, Senin, 22 Februari 2021.

Menurut Djayadi, yang menjadi penyebab masyarakat lebih percaya terhadap gubernur maupun wali kota/bupati lantaran mereka dianggap lebih dekat dengan masyarakat.

"Di sini terlihat, pemerintahan yang lebih dekat dengan masyarakat cenderung mendapatkan sentimen positif dari responden," kata dia.

 

Selengkapnya...

5 dari 6 halaman

Banjir Datang, Waspada Klaster Pengungsian

Infografis Banjir Datang, Waspada Klaster Pengungsian. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Banjir Datang, Waspada Klaster Pengungsian. (Liputan6.com/Abdillah)
6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓