Sukses

Survei LSI: Prabowo dan Sandiaga Jadi Menteri Jokowi yang Paling Memuaskan

Menurut Djayadi, Prabowo dan Sandiaga menjadi menteri yang dianggap memuaskan kinerjanya lantaran kerap muncul dalam pemberitaan media nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menjadi dua menteri pemerintahan Joko Widodo-Maruf Amin yang paling memuaskan masyarakat.

Hal tersebut berdasarkan survei yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI). Survei ini dilakukan terhadap mereka yang berusia 17 tahun atau sudah menikah dan memiliki hak dalam pemilihan umum.

"Kalau kita lihat dalam data tingkat kepuasan terhadap menteri Jokowi, Menhan Prabowo Subianto paling dianggap memuaskan kinerjanya oleh masyarakat disusul Sandiaga Uno," ujar Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam konferensi pers virtual, Senin (22/2/2021).

Menurut Djayadi, Prabowo dan Sandiaga menjadi menteri yang dianggap memuaskan kinerjanya lantaran kerap muncul dalam pemberitaan media nasional.

"Artinya menteri-menteri yang lebih banyak dibicarakan, baik di media ataupun di tempat-tempat pembicaraan lainnya secara umum itu cenderung memperoleh kepuasan yang lebih tinggi di masyarakat," kata dia.

Berikut hasil survei LSI terkait tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Menteri Jokowi-Maruf Amin berdasarkan urutan tertinggi:

1. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto

2. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno

3. Menteri Keuangan Sri Mulyani

4. Menteri Sosial Tri Rismaharini

5. Menteri BUMN Erick Thohir

6. Menkopolhuman Mahfud MD

7. Mendagri Tito Karnavian

8. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi

9. Mendikbud Nadiem Makarim

10. Menteri Agama Yaqut Cholil

11. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

12. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

13. Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang

14. Menteri Riset Tekhnologi Bambang Brodjonegoro

15. Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan

16. Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki

17. Menkominfo Jhony G. Plate

18. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

19. Menpora Zainuddin Amali

20. Menpan RB Tjhajo Kumolo

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Survei di 11 Provinsi

Djayadi mengatakan, survei dilakukan dengan menggunakan metode multistage random sampling dengan 1.200 responden sebagai sampel basis. Margin of error dari ukuran sampel yakni +/- 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95%.

Survei dilakukan di 11 Provinsi dengan masing-masing 100 responden. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih pada 25 hingga 31 Januari 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.