Sukses

Jakarta Banjir saat Cuaca Ekstrem, Anies Janji Pemprov DKI Tingkatkan Kinerja

Anies memastikan seluruh kegiatan perekonomian di Jakarta kembali normal setelah banjir pada Jumat-Sabtu, 18-19 Februari, merendam hampir sebagian ibu kota.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan terus meningkatkan kinerja Pemerintah Provinsi DKI hadapi prediksi cuaca ekstrem yang masih berlangsung hingga akhir Februari.

Diharapkan dari optimalisasi kinerja beban warga terhadap dampak banjir bisa sedikit berkurang. Anies juga menyampaikan meski Jakarta tidak lepas dari kondisi banjir, namun ia berharap turunnya hujan tetap bisa dijadikan sebagai rahmat. 

"Insyaallah di pekan-pekan ke depan kita akan tingkatkan kinerjanya sehingga curah hujan yang turun di kawasan Jabodetabek khususnya Jakarta bisa menjadi rahmat dan kita kurangi sesedikit mungkin dampaknya bila ada curah hujan yang ekstrem," kata Anies di Balai Kota, Senin (22/2/2021).

Sementara itu, Anies memastikan seluruh kegiatan perekonomian di Jakarta kembali normal setelah banjir pada Jumat-Sabtu, 18-19 Februari, merendam hampir sebagian ibu kota. Dia menegaskan kondisi Jakarta hari ini dipastikan sudah tidak ada lagi genangan.

"Hari Senin dini hari jam 3 pagi tadi dipastikan 100 persen sudah surut jadi alhamdulillah hari Senin pagi seluruh kegiatan perekonomian kegiatan pemerintahan bisa berlangsung tanpa ada gangguan sedikit pun akibat curah hujan ekstrem pada hari Sabtu yang lalu," kata Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menuturkan kondisi tersebut merupakan upaya positif yang dilakukan Pemprov DKI bersama seluruh jajaran terkait dalam penanganan banjir Jakarta 2021.

Sebab menurutnya, dengan curah hujan intensitas ekstrem banjir di Jakarta telah surut dalam kurun 24 jam.

 

Saksikan Video Piilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jakarta Alami Curah Hujan Tinggi

Anies menyampaikan, curah hujan di Jakarta pada Jumat-Sabtu kemarin mencapai 226 mm per hari.

Angka ini melebih curah hujan di kota-kota penyangga Jakarta seperti Bekasi, Tangerang, dan Bogor, sebesar 150 mm lebih per hari.

"Persiapan kita sebelum memasuki musim hujan alhamdulillah menunjukan tanda tanda pelaksanaan yang baik curah hujan ekstrem dalam waktu 1 hari semuanya sudah bisa tertangani dengan baik," kata Anies.

Mengutip penjelasan dari situs Badan Meteorologi Klimatologi dan Geosifisika (BMKG) kategori curah hujan terbagi menjadi 4 jenis;

0 mm per hari: Berawan

0.5 – 20 mm per hari : Hujan ringan

20 – 50 mm per hari : Hujan sedang

50 – 100 mm per hari : Hujan lebat

100 – 150 mm per hari : Hujan sangat lebat

Di atas 150 mm per hari : Hujan ekstrem

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.