Sukses

Banjir 100 Persen Surut, Anies Baswedan Pastikan Kegiatan Ekonomi di Jakarta Normal

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan seluruh kegiatan perekonomian di Ibu Kota kembali normal setelah banjir pada Jumat-Sabtu, 18-19 Februari 2021 lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan seluruh kegiatan perekonomian di Ibu Kota kembali normal setelah banjir pada Jumat-Sabtu, 18-19 Februari 2021 lalu. Dia menegaskan, kondisi Jakarta hari ini, Senin (22/2/2021), dipastikan sudah tidak ada lagi genangan.

"Senin dini hari jam 3 pagi tadi dipastikan 100 persen sudah surut, jadi alhamdulillah Senin pagi seluruh kegiatan perekonomian kegiatan pemerintahan bisa berlangsung tanpa ada gangguan sedikit pun akibat curah hujan ekstrem pada Sabtu yang lalu," kata Anies, di Balai Kota Jakarta, Senin.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menuturkan, kondisi tersebut merupakan upaya positif yang dilakukan Pemprov DKI bersama seluruh jajaran terkait dalam penanganan banjir Jakarta 2021. Sebab, kata dia, dengan curah hujan ekstrem, banjir di Jakarta telah surut dalam kurun 24 jam.

Anies menyampaikan, curah hujan di Jakarta pada Jumat-Sabtu kemarin mencapai 226 mm per hari. Angka ini melebihi curah hujan di kota-kota penyangga Jakarta, seperti Bekasi, Tangerang, dan Bogor sebesar 150 mm lebih per hari.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Termasuk Ekstrem

Mengutip penjelasan dari situs Badan Meteorologi Klimatologi dan Geosifisika (BMKG), kategori curah hujan terbagi menjadi 4 jenis:

0 mm per hari: Berawan

0.5–20 mm per hari: Hujan Ringan

20–50 mm per hari: Hujan Sedang

50–100 mm per hari: Hujan Lebat

100–150 mm per hari: Hujan Sangat Lebat

Di atas 150 mm per hari: Hujan Ekstrem.

"Persiapan kita sebelum memasuki musim hujan alhamdulillah menunjukkan tanda-tanda pelaksanaan yang baik curah hujan ekstrem dalam waktu 1 hari semuanya sudah bisa tertangani dengan baik," kata Anies.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.