Tanggul Sungai Citarum Jebol di Pebayuran Bekasi, Sejumlah Warga Masih Terisolasi karena Banjir

Oleh Liputan6.com pada 22 Feb 2021, 09:28 WIB
Diperbarui 22 Feb 2021, 09:28 WIB
Kondisi pemukuman warga ya banjir karena tanggul jebol Sungai Citarum. (Dok Istimewa)
Perbesar
Kondisi pemukuman warga ya banjir karena tanggul jebol Sungai Citarum. (Dok Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bekasi melaporkan kondisi tanggung di Sungai Citarum jebol. Banjir pun meluber ke pemukiman penduduk dengan ketinggian 40 cm hingga 200 cm. 

Tim Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta dikerahkan untuk membantu warga yang terkena dampak. Tanggul jebol berlokasi di Desa Sumberurip, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi. 

Menurut Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, Hendra Sudirman, masih banyak yang terisolir akibat arus yang cukup deras dan tinggi.

"Satu tim rescue Basarnas sudah berada di lokasi untuk melakukan assessment menentukan jalur evakuasi dari area yang terdampak, kami juga mengirimkan personil tim rescue tambahan dari Basarnas spesial grup untuk bergerak sore tadi.” kata dia dalam keterangan tertulis, Selasa (22/2/2021).

Hendra menyampaikan hingga pukul 21.00 WIB tadi malam, tim rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta dengan dibantu unsur gabungan dari Gerebek dan Laskar Merah Putih sudah berhasil melakukan evakuasi 30 orang warga yang terjebak banjir ke tempat yang lebih aman. 

 

2 dari 3 halaman

Minim Penerangan

Hendra mengambarkan situasi dilokasi minim penerangan dan sinyal alat komunikasi sangat sulit diakses hingga saat ini.

"Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan evakuasi terhadap warga hingga malam ini karena masih banyak yang terisolir." Tandas dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓