Sukses

BPBD DKI: Banjir Jakarta Sudah Surut Semua

BPBD DKI juga memastikan tidak ada lagi warga terdampak banjir Jakarta yang tinggal di lokasi pengungsian.

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto menyatakan, banjir di sejumlah wilayah ibu kota sudah surut semua sejak Minggu (21/2/2021) malam.

"Sudah surut semua sejak tadi malam," ujar Sabdo saat dikonfirmasi Liputan6.com, Senin (22/2/2021).

Dia juga memastikan, tidak ada lagi warga terdampak banjir yang tinggal di lokasi pengungsian. "Pengungsi sudah balik ke rumah masing-masing," tutur Sabdo.

Banjir merendam sejumlah wilayah di Jakarta akibat hujan deras dan cuaca ekstrem yang terjadi sejak Jumat 19 Februari 2021. Pada Sabtu 20 Februari 2021, tercatat ada 113 RW terdiri atas 342 RT yang terdampak banjir.

BPBD DKI juga melaporkan, banjir pertengahan Februari 2021 ini menelan lima korban jiwa. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya lima warga dalam bencana alam tersebut.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4 Korban Jiwa Banjir Adalah Anak-Anak

Berdasarkan catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, lima korban ini meninggal saat banjir pada 18-19 Februari 2021.

"Kita berduka cita bahwa ada korban meninggal jumlahnya 5 orang, dan 4 dari 5 ini adalah anak-anak," kata Anies saat meninjau Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, Minggu (21/2/2021).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu meminta orang dewasa menegur dan melarang anak-anak bermain-main saat banjir.

Sebab, informasi yang didapatnya, anak-anak kerap bermain di tengah banjir tanpa menyadari bahaya arus, tegangan listrik, atau lubang dalam yang dapat membahayakan nyawa.

"Bermain di tempat-tempat seperti ini sering berisiko. Ada lubang, arus yang tak terduga akhirnya terjadilah peristiwa yang tidak kita inginkan," ucap Anies Baswedan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.