Sukses

Sebagian Cipinang Melayu Jakarta Timur Masih Banjir hingga Minggu 21 Februari Sore

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut, pihaknya telah mengantisipasi banjir yang terjadi pada 2021 ini sejak tahun-tahun sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah rumah di wilayah RW04 Cipinang Melayu, Jakarta Timur, masih tergenang banjir hingga Minggu (21/2/2021) sore. Salah satu warga di RT 05/RW 04, Ahmad Sobari mengatakan listrik di kawasan tersebut juga masih padam.

Namun, lanjut dia, pihak RW setempat telah menyediakan genset listrik untuk digunakan oleh warga yang menjadi korban banjir.

"Kalau untuk charge HP bisa di kantor RW 04, di sana ada 2 unit genset yang menyala 24 jam," kata Sobari di Masjid Nurul Iman, RT05/04, Cipinang Melayu, dikutip Antara, Minggu.

Selain itu, menurut dia, bantuan makanan siap saji juga sudah mencukupi.

"Kalau  makanan siap saji tercukupi karena ada bantuan dari kecamatan, wali kota, dan relawan, ada juga bantuan dari warga setempat, dari PKK setempat mereka bangun dapur umum," ucapnya.

Sementara, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut, pihaknya telah mengantisipasi banjir yang terjadi pada 2021 ini sejak tahun-tahun sebelumnya.

"Ya, kami sudah bersiaga selama persiapan dari tahun-tahun kemarin," sebut Anies di Pintu Air Manggarai, Jakarta, Minggu (21/2/2021).

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Respons Bencana

Anies membeberkan, hal ini terlihat dari kecekatan timnya dalam merespons bencana ini. Sinergi dengan seluruh pihak dapat terjalin dengan cepat begitu banjir melanda Ibu Kota.

"Indikasinya apa? Indikasinya adalah kecepatan bergerak seluruh jajaran langsung bergerak ketika terjadi hujan yang amat deras sehingga teman-teman bisa lihat ketika terjadi hujan dalam waktu relatif singkat kita bisa bekerja bersama-sama seluruh masyarakat, jajaran termasuk TNI, Polri untuk memastikan segera surut. Nah, ini sudah Anda saksikan sendiri jadi insyaallah ke depan juga kita terus pertahankan tiga prinsip kita, satu siaga, dua tanggap, tiga galang, tiga ini kita jalankan terus," kata dia.

Menurut dia, hingga Minggu (21/2/2021) siang, hanya 17 rukun warga (RW) di Jakarta yang masih terendam banjir. Jumlah ini dinilai turun signifikan dibanding hari sebelumnya yang mencapai 113 RW.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.