Sukses

PDIP Nilai Fungsi Waduk Cincin di Jakarta Utara Belum Optimal

Menurut dia, danau buatan secara umum punya fungsi dan manfaat yang strategis, selain untuk menampung air, juga bisa dikembangkan menjadi area wisata dan olahraga.

Liputan6.com, Jakarta - Pengurus DPP PDIP menggelar kegiatan menanam pohon, menebar benih ikan, dan bersih-bersih di kawasan Waduk Cincin, Jakarta Utara. Kegiatan ini merupakan rangkaian program Cinta Ciliwung Bersih yang dicanangkan PDIP.

Wakil Sekjen PDIP Sadarestuwati mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk kecintaan partainya terhadap lingkungan. Dia menuturkan, gerakan politik hijau yang digaungkan PDIP selama ini untuk memberi kesadaran masyarakat agar mencintai lingkungan sekitar.

Namun menurut dia, Waduk Cincin ini seolah tak dimanfaatkan secara optimal oleh pemerintah daerah.

"Ini semuanya sebenarnya anugerah. Kalau ini tidak dirawat, ini tidak dimanfaatkan dengan baik," ujar Sadarestuwati di lokasi, Minggu (21/2/2021).

Sadarestuwati kemudian menyinggung kondisi terkini di ibu kota. Banyaknya titik banjir di sejumlah wilayah perlu menjadi catatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Menurut dia, danau buatan tersebut secara umum punya fungsi dan manfaat yang strategis. Waduk selain tempat menampung air, juga bisa dikembangkan menjadi area wisata dan olahraga.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tuntut Inovasi Pemda

Maka dari itu, anggota Komisi V DPR ini menuntut adanya inovasi dari pemerintah daerah setempat.

"Ini kan untuk menampung air salah satu usaha agar tidak terjadi banjir. Dan air bisa dimanfaatkan sebagai sumber air berbagai macam, bisa dimanfaatkan di sini. Bagaimana supaya masyarakat memelihara lingkungan kita. Mengoptimalkan yang ada," katanya.

Kegiatan politik hijau di Waduk Cincin, Jakarta Utara ini juga dihadiri sejumlah petinggi DPP PDIP, antara lain Mensos Tri Rismaharini, eks Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat, dan Sekjen PDIP Hasto Kritiyanto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.