Sukses

Tanam Pohon dan Bersihkan Waduk di Jakut, Sekjen PDIP: Contoh Merawat Kehidupan

Acara penananaman pohon dan bersih-bersih Waduk Cincin, Jakarta Utara juga diikuti kader dan anggota legistlatif PDIP DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - PDIP menggagas program Gerakan Penghijauan dan Bersih-bersih Daerah Aliran Sungai (DAS), Cinta Ciliwung Bersih. Program gelombang kedua ini dilaksanakan di Waduk Cincin, Jakarta Utara, Minggu (21/2/2021).

Acara yang digagas PDIP ini yakni menanam pohon dan membersihkan waduk. Acara dihadiri Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Ketua DPP PDIP Tri Rismaharini, Djarot Saiful Hidayat, dan Sadarestuwati.

Acara penananaman pohon dan bersih-bersih waduk itu juga diikuti kader dan anggota legistlatif PDIP DKI Jakarta.

Saat tiba di lokasi, Hasto, Risma, Djarot, dan Sadarestuwati berpencar di empat sisi waduk. Hasto di sisi Utara, Risma ke sisi Timur, Djarot ke Selatan, dan Sadarestuwati di sisi Barat. Selain menanam pohon dan membersihkan waduk, mereka juga menebar benih ikan.

Usai tebar benih ikan dan berdialog dengan petugas kebersihan di sejumlah titik, mereka berkumpul di panggung utama yang berada di sisi Timur.

"Kita mengampanyekan hidup sehat, kita mengampanyekan lingkungan yang bersih, kita juga memberi contoh bagaimana gerakan menanam sebagai satu hal yang wajib dilakukan oleh seluruh kader-kader PDIP," ujar Hasto dalam sambutannya di panggung, Minggu (21/2/2021).

Hasto mengatakan, gerakan menanam pohon ini merupakan program merawat bumi demi anak cucu nanti. Hal ini sejalan dengan tema HUT ke-48 PDIP, yakni menjaga sungai sebagai jalan peradaban.

"Kita menanam di hulu sungai untuk menyelamatkan mata air kehidupan. Kita membersihkan sungai karena sungai adalah halaman depan kita, kita mendorong gerakan hidup bersih. Maka sebentar lagi kita juga akan meluncurkan satgas lingkungan yang dilengkapi dengan kendaraan untuk melakukan sosialisasi kepada seluruh masyarakat yang tinggal di sepanjang sungai-sungai untuk membiasakan diri agar kita semua tidak membuang sampah di sungai," kata Hasto.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Buang Sampah Sembarangan

Hasto mengimbau kepada seluruh masyarakat, tidak hanya kader PDIP untuk tetap merawat sungai dan waduk. Hasto mengingatkan untuk tidak membuang sampah sembarangan. Di Waduk Cincin, Hasto melihat banyak sampah plastik yang dibuang di sungai yang kemudian mengalir ke waduk.

"Maka kita bersama menjaga seluruh keindahan alam raya kita dengan berbuat baik membersihkan sungai, dengan tidak membuang sampah sembarangan, tidak menebar plastik sembarangan. Tetapi alam adalah tempat di mana kita melangsungkan seluruh kehidupan kita di dalam keseimbangannya agar seluruh makhluk berbahagia," kata Hasto.

Hasto pun mengutip pesan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan mengajak masyarakat menjalankannya dengan sebaik-baiknya.

"Hari ini kita tidak hanya membersihkan sungai, tidak hanya menanam pohon, tetapi kita juga menebar benih-benih ikan. Karena itulah sebagai contoh bagaimana kita merawat kehidupan tersebut," kata Hasto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.