Sukses

Positif Covid-19, 1 Korban Banjir di Cipinang Dibawa ke RS Wisma Atlet

Seorang warga yang berada di Jalan Cipinang Bali II, RT 12, RW 13 evakuasi ke Wisma Atlet. Warga atas nama inisial RI yang dievakuasi ini diketahui terpapar Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang warga yang berada di Jalan Cipinang Bali II, RT 12, RW 13 evakuasi ke Wisma Atlet. Warga atas nama inisial RI yang dievakuasi ini diketahui terpapar Covid-19.

"Evakuasi korban sekitar pukul 17.34 Wib," kata Kasi PB Damkar Jakarta Timur, Gatot Sulaeman dalam keterangannya, Sabtu (20/2/2021).

Saat dievakuasi, korban menggunakan Alat Pelindung Diri (APD). Sementara ada 5 petugas yang mengevakuasi pasien.

"Unit yang meluncur, 1 unit ligh rescue, 1 unit perahu karet dan 5 personel," ujarnya.

Setelah dilakukan evakuasi, korban langsung dibawa petugas medis ke Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat dengan menggunakan mobil ambulance dari Puskesmas Jatinegara, Jakarta Timur.

"Iya (dibawa ke Wisma Atlet) diisolasi," pungkasnya.

Sebelumnya, Petugas Pemadam Kebakaran Jakarta Timur telah melakukan evakuasi terhadap 144 warga yang terdampak banjir. Evakuasi ini dilakukan di sejumlah Kecamatan dan Kelurahan yang berada wilayah Jakarta Timur.

Kasi PB Damkar Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan, evakuasi yang dilakukan di Jalan Tanjung, RT 009, RW 005, Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas ini sebanyak 14 orang dewasa, 20 anak-anak, 2 Lansia dan 1 balita.

"Untuk di Jalan Jengki Utama, Gang Mawar, RT 12, RW 9, Nomor 20, Kelurahan Kebon Pala, Kecamatan Makassar sebanyak 5 orang dewasa, 3 anak-anak dan 1 lansia," ujarnya.

Selain itu, evakuasi juga dilakukan di Jalan Persatuan, RT 10, RW 9, Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Kecamatan Ciracas. Di sana, mereka mengevakuasi satu orang lanjut usia (lansia) yakni Meti (58) yang menderita penyakit stroke.

"Untuk di Cipinang Bali, RT 12, RW 13, Kelurahan Cipinang Muara, Kecamatan Jatinegara. Tim mengevakuasi 4 orang dewasa, 1 orang anak-anak dan 1 orang balita," ucapnya.

"Di Jalan Harmed Nomor 4, RT 010, RW 006, Kelurahan Pekayon, Kecamatan Pasar Rebo, mengevakuasi seorang lansia yaitu Sarianing (64)," sambungnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Evakuasi di Ciracas hingga Lubang Buaya

Selain itu, evakuasi juga dilakukan di Komseko Ciracas atau di Jalan Raya Nogor, Gang Toga Asri IV, RT 004, RW 005, Keluraha Rambutan, Kecamatan Ciracas. Saat itu sebanyak 15 orang diselamatkan yakni 5 wanita dewasa, 9 pria dewasa serta 1 orang anak-anak.

"Di Jalan Belimbing RT 08, RW 03, Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas ada 7 orang dewasa, 2 anak-anak dan 1 balita. Sedangkan di Jalan Formos, RT 15, RW 04, Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas mengevaluasi 1 orang dewasa yang sedang sakit," sebutnya.

Selanjutnya, di Jalan Cipinang Bali, RT 003, RW 010, Kelurahan Cipinang Muara, Kecamatan Jatinegara, mengevakuasi 2 orang dewasa. Lalu, untuk di Cipinang Melayu, RW 04, Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makassar ini petugas mengevakuasi 45 orang yakni 30 orang dewasa, 8 lansia dan 7 anak-anak.

"Untuk di Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung atau di RT 04, RW 02 dab RW 03 ada sebanyak 12 orang yang dievakuasi yaitu 7 orang dewasa, 1 lansia dan 4 anak-anak," jelasnya.

"Dan untuk di Jalan Walet DD 4, RT 01, RW 02, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Jatinegara sebanyak 4 orang dewasa dan 1 orang lansia," pungkasnya.

Reporter: Nur Habibie 

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.