Sukses

Jasa Marga Lakukan Sejumlah Kebijakan Mengurai Kemacetan Akibat Banjir di Tol

Dwimawan Heru mengatakan, pihaknya berupaya mengurai kemacetan salah satunya di KM 19 jalan tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta akibat banjir.

Liputan6.com, Jakarta Corporate Communication dan Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru mengatakan, pihaknya berupaya mengurai kemacetan salah satunya di KM 19 jalan tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta akibat banjir.

"Untuk mencairkan kepadatan yang terjadi menuju lokasi terdampak genangan, Jasa Marga dengan diskresi Kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow mulai dari KM 21 sampai dengan KM 14 jalan tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta sejak pukul 15.00 WIB," kata Heru dalam keterangannya, Sabtu (20/2/2021).

Menurut dia, masih terjadi genangan di KM 19 jalan tol arah Jakarta.

"Saat ini genangan di KM 19 arah arah Jakarta terpantau berada di Bahu Jalan, lajur 1 sampai lajur 3, hanya lajur 4 yang dapat dilintasi oleh kendaraan," kata Heru.

Dia juga mengingatkan, rest area di KM 19 arah Cikampek masih ditutup. Jasa Marga juga menempatkan petugas untuk melakukan pengaturan lalu lintas di lokasi genangan.

Heru menuturkan, pihaknya memfungsikan pompa yang juga bersinergi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) untuk mengurangi debit banjir.

"Kami gunakan satu unit dengan kapasitas 500 liter/menit serta membuat tanggul untuk menahan aliran air Kali Jambe," kata Heru.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masih Ada Genangan

Ruas jalan tol lainnya juga masih terdapat titik genangan. Berikut kondisi terkini hingga pukul 15.30 WIB di Jalan Tol Jasa Marga Group yang saat ini masih dilakukan penanganan:

1. Jalan Tol Jakarta-Tangerang

- Km 4 arah Jakarta maupun arah Tangerang saat ini terdapat genangan di L1. L2 dan L3 bisa dilintasi kendaraan. Saat ini dilakukan penanganan berupa pemasangan tanggul dan pompa.- Km 24 arah Tangerang, saat ini terdapat genangan di L1. L2 s.d L4 bisa dilintasi kendaraan. Saat ini dilakukan penanganan dengan pompa.

- Simpang Susun (SS) Bitung, saat ini terdapat genangan di terowongan dan dilakukan penutupan total di off ramp. Kendaraan dialihkan dikeluarkan melalui GT Cikupa.

2. Jalan Tol Jagorawi

- Km 3+800 arah Jakarta, saat ini terdapat genangan di L1, L2 s.d L5 dapat dilintasi. Saat ini dilakukan penanganan dengan tanggul dan pompa.

3. Jalan Tol Dalam Kota Jakarta

- KM 00+100 tergenang, arah Cikampek L2 bisa dilintasi, arah Jakarta L2 bisa dilintasi. Saat ini dilakukan dengan pompa dan pengaturan lalu lintas oleh petugas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.