Sukses

Warga Penderita Gagal Ginjal Dievakuasi Saat Banjir Jakarta

Dengan sigap usai keluar dari lokasi banjir, petugas pun mengantarkan Undung untuk kemudian diangkut dengan mobil petugas menuju ke Rumah Sakit Pelni Petamburan.

Liputan6.com, Jakarta - Petugas Kelurahan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat mengevakuasi seorang warga yang menderita gagal ginjal untuk menjalani pengobatan di tengah banjir setinggi satu meter yang melanda kawasan tersebut.

Petugas dari pemadam kebakaran, PPSU, Sudin SDA, hingga Satpol PP terlibat proses evakuasi warga yang bernama Undung Daryono (63) itu.

"Saya memang jadwalnya untuk cuci darah. Cuma karena banjir tadi satu meter di depan rumah ya tidak bisa ke mana-mana. Beruntung ada petugas yang bantu evakuasi ini saya juga mau diantar ke rumah sakitnya," ujar Undung saat diwawancarai sebelum berangkat menuju lokasi berobatnya di Jakarta, Sabtu (20/2/2020), dikutip dari Antara.

Undung dievakuasi petugas gabungan dengan cara ditandu menggunakan perahu kecil berwarna oranye. Sementara petugas lainnya membantu membawakan barang bawaan milik Undung untuk berobat.

Dengan sigap usai keluar dari lokasi banjir, petugas pun mengantarkan Undung untuk kemudian diangkut dengan mobil petugas menuju ke Rumah Sakit Pelni Petamburan.

Komandan Pleton (Danton) sektor 2 Grup A Gulkarmat Tanah Abang Dwi Hantoro mengatakan, pihaknya memang sudah bersiaga sejak kemarin malam untuk mengevakuasi warga saat banjir di sekitar Kelurahan Bendungan Hilir.

"Kita memang fokus evakuasi warga di tengah banjir ini," ujar Hananto.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banjir hingga 70 cm hingga 1 Meter

Imbas dari meluapnya air dari saluran Kali Krukut, banjir melanda kawasan permukiman hingga jalan di Kelurahan Bendungan Hilir setinggi 70 sentimeter hingga 1 meter.

Berdasarkan pantauan petugas dari PPSU, Satpol PP, hingga pemadam kebakaran berjaga di lokasi yang ketinggian air mencapai lebih dari 1 meter.

Volume air Kali Krukut meningkat akibat hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak Sabtu dini hari, ketinggian air semakin bertambah karena air kiriman dari hulu yaitu daerah Bogor dan Depok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.