Banjir Jakarta, Anies Baswedan: Kawasan Utama Terbebas Genangan

Oleh Delvira Hutabarat pada 20 Feb 2021, 16:07 WIB
Diperbarui 20 Feb 2021, 16:07 WIB
Anies Baswedan
Perbesar
Rencana pembukaan bioskop, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tegaskan pelaku usaha bioskop harus patuhi protokol kesehatan saat konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (26/8/2020). (Dok Tim Komunikasi Publik Satgas COVID-19)

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Anies Baswedan mengatakan, banjir Jakarta bisa dikendalikan cukup baik. Salah satunya kawasan-kawasan utama bebas banjir.

"Alhamdulillah dengan begitu, kawasan-kawasan utama yang terkait dengan protokol dan lain-lain terbebas dari genangan. Dan itu karena pengendalian pintu air di semua lokasi lokasi yang alhamdulillah dikendalikan dengan baik," kata Anies, di Jakarta, Sabtu (20/2/2021).

Dia menyebut saat ini, prioritas penanganan banjir di Jakarta adalah menjamin keselamatan warga, terutama para pengungsi.

"Prioritas kita dalam situasi yang ekstrem seperti ini adalah keselamatan warga," tutur Anies.

Dia menuturkan, kawasan utama bisa bebas banjir karena sudah dikendalikan dari awal.

"Alhamdulillah, kawasan utama Ibu Kota tidak tergenang, itu karena sejak tadi malam dikendalikan dari Manggarai," jelas Anies.

 

2 dari 3 halaman

Surut Enam Jam

Selain keselamatan warga, Anies menyebut target banjir surut dalam enam jam masih menjadi target Pemprov DKI.

Hanya saja, ia memberi catatan waktu enam jam itu adalah enam jam setelah air kiriman surut dan saat hujan berhenti. Bukan salah satunya.

"Jadi kita enam jam sesudah airnya surut di sungai, kembali normal, atau enam jam sesudah hujannya berhenti. Nah, yang terjadi adalah hujannya berhenti, tapi aliran dari hulu masih jalan terus. Sehingga di situlah menjadi kendala," kata dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓