BMKG: Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi di Seluruh Wilayah Indonesia Sepekan ke Depan

Oleh Delvira Hutabarat pada 20 Feb 2021, 15:03 WIB
Diperbarui 20 Feb 2021, 15:03 WIB
20160626-Rektor UGM
Perbesar
Rektor UGM Dwikorita Karnawati

Liputan6.com, Jakarta Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengimbau warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) untuk tetap waspada terkait potensi cuaca ekstrem sepekan ke depan.

"Periode sepekan ke depan, wilayah Jabodetabek umumnya berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang," katanya dalam konpers daring, Sabtu (20/2/2021).

Hal ini dikarenakan puncak musim hujan di Indonesia belum berakhir. BMKG memperkirakan puncak musim hujan akan terjadi hingga awal Maret 2021.

"Sebagian besar wilayah Indonesia, termasuk Jabodetabek, masih berada dalam periode puncak musim hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang diperkirakan masih akan berlangsung sampai akhir Februari, awal Maret 2021," jelas Kepala BMKG.

Tak hanya Jabodetabek, Dwikorita juga mengingatkan cuaca ekstrem berpotensi terjadi di seluruh wilayah Indonesia.

"BMKG memprediksi masih terjadi potensi hujan intensitas lebat bahkan disertai kilat petir dan angin kencang, hampir merata di seluruh Indonesia dalam sepekan ke depan. Mulai Aceh sampai Papua," ujarnya.

 

2 dari 3 halaman

Prediksi BMKG

Sementara itu, potensi hujan ringan diprediksi aka terjadi pada 21-22 Februari. Sementara, tanggal 23 Februari diprediksi hujan lebat kembali melanda Jabodetabek.

"Kesimpulannya hari ini kita masih harus waspada. Kemudian waspada berikutnya tanggal 23 dan 24," ucap Dwikorita. 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓