Sukses

Terendam Banjir 60 Sentimenter, Gerbang Tol Jatibening Bekasi Ditutup

Banjir di ruas jalan tol diperkirakan berasal dari luapan air Kali Cakung, akibat intensitas hujan yang tinggi sepanjang Sabtu (20/2/2021) dini hari.

Liputan6.com, Jakarta Gerbang Tol Jatibening, Kota Bekasi, Jawa Barat, ditutup total akibat banjir yang merendam ruas jalan. Ruas jalan yang tergenang air kurang lebih sepanjang 500 meter dengan ketinggian mencapai 60 sentimeter.

Banjir di ruas jalan tol diperkirakan berasal dari luapan air Kali Cakung, akibat intensitas hujan yang tinggi sepanjang Sabtu (20/2/2021) dini hari. Ketinggian air yang menggenangi ruas jalan menuju Gerbang Tol Jatibening, berkisar 40-60 sentimeter.

Kondisi ini diduga juga karena adanya pembangunan tiang proyek kereta api cepat yang masih berlangsung. Penggalian di sekitar area lahan membuat aliran air terganggu.

Akibat penutupan gerbang tol, pengendara dari arah Bekasi yang hendak menuju Jakarta melalui Tol Jakarta-Cikampek, terpaksa memilih alternatif jalan lain.

Saat ini masih dilakukan penanganan di titik banjir Gerbang Tol Jatibening. Namun, baik dari petugas Jasa Marga maupun pengerja proyek kereta api cepat, belum bisa dimintai keterangan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Ruas Tol di Jabodetabek Terendam Banjir

Hujan yang mengguyur wilayah Jabodetabek semalaman membuat sejumlah jalan tol terendam banjir. Corporate Communication & Community PT Jasa Marga, Dwimawan Heru menyampaikan update penanganan genangan di titik Jalan Tol Jasa Marga Group hingga pukul 09.45 WIB.

"Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan akibat hal ini. Antisipasi perjalanan melalui informasi terkini yang dapat diakses melalui Call Center 24 jam Jasa Marga di nomor telepon 14080," katanya Sabtu (20/2/2021).

Berikut ruas tol yang terendam banjir:

Tol Jakarta-Cikampek:

- KM 9, saat ini genangan di Lajur (L) 1, kendaraan masih bisa melintasi L2 s.d L4. tengah dilakukan penanganan dengan pompa.

- Akses masuk Gerbang Tol (GT) Jatibening arah Jakarta tergenang, penutupan sementara akses on Ramp. Saat ini kendaraan yang akan masuk tol dialihkan melalui akses GT Jatiwaringin / Pondok Gede.

- KM 19, saat ini genangan di L1, L2 s.d L4 dapat dilintasi semua kendaraan.

- GT Cikarang Barat 5 arah Jakarta, genangan sudah mulai surut dan dalam proses pembersihan lajur

- GT Cibitung 7 arah Jakarta, penutupan sementara akses on Ramp

Arah Cikampek:

- Rest Area KM 19A dilakukan penutupan sementara

Sementara Jalan Tol Jakarta-Tangerang, titik banjir sebagai berikut:

Arah Tangerang:

- Simpang Susun (SS) Bitung, seluruh lajur sudah dapat dilintasi dengan pengaturan petugas di lapangan.

- Km 24, saat ini L2 s.d L4 sudah bisa dilintasi. Saat ini tengah dilakukan penanganan dengan pompa

Jalan TOL JORR: Pondok Ranji-Serpong.

Arah Serpong:

- KM 8+600 Ruas BSD, dilakukan penutupan GT Pondok Ranji Utama (arah BSD) dialihkan ke Bintaro.

Tol Jagorawi arah Jakarta:

- Km 3+800, saat ini L2 s.d L5 dapat dilintasi. Saat ini masih dilakukan penanganan dengan tanggul dan pompa.

Tol Dalam Kota:

- Km 00+200 SS Cawang: Terowongan SS Cawang dari Halim menuju Tj Priok, saat ini L2 tergenang. Saat ini dilakukan penanganan dengan pompa dan pengalihan kendaraan kecil ke Jalan Tol Dalam Kota.- Km 00+100 tergenang, arah Cikampek L2 bisa dilintasi, arah Jakarta L2 bisa dilintasi. Saat ini dilakukan penanganan dengan pompa dan pengaturan lalu lintas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.