Sukses

Siklon Tropis Dujuan Jauhi Indonesia, Sejumlah Wilayah Berpotensi Hujan Sedang-Lebat

Hujan sedang hingga lebat akan terjadi di Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, dan Maluku.

Liputan6.com, Jakarta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan, Siklon Tropis Dujuan terpantau bergerak menjauhi wilayah Indonesia. Hal tersebut akan berdampak pada cuaca Indonesia di mana sejumlah wilayah berpotensi mengalami hujan intensitas sedang hingga lebat.

Berdasarkan analisis BMKG, Siklon Tropis Dujuan terpantau berada di Samudera Pasifik utara Papua Barat atau sekitar 850 kilometer sebelah timur-timur laut Tahuna. BMKG menyebut siklon tropis bergerak menuju Kepulauan Philipina.

"Diperkirakan intensitas Siklon Tropis Dujuan meningkat dalam 24 jam ke depan dan cenderung bergerak ke arah barat menuju Kepulauan Philipina," dikutip dari akun instagram BMKG, Jumat (19/2/2021).

Adapun dampak terhadap cuaca di Indonesia antara lain, hujan sedang dan lebat berpeluang terjadi beberapa wilayah. Mulai dari, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, dan Maluku.

Kemudian, gelombang tinggi 2,5 hingga 4,0 meter berpeluang terjadi di Perairan Kabupaten Sangihe, Laut Maluku bagian utara, Perairan Utara Kepualauan Halmahera, Laut Halmahera. Lalu, Perairan Utara Papua Barat, Samudra Pasifik Utara Papua Barat hingga Papua.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gelombang tinggi 4 sampai 6 meter

Selain itu, Perairan Kepulauan Talaud dan Samudra Pasifik Utara Halmahera juga berpotensi mengalami gelombang tinggi 4,0 sampai 6,0 meter. BMKG pun meminta daerah-daerah tersebut untuk waspada.

"Tetap waspada pada daerah-daerah terdampak," demikian pernyataan BMKG di instagram.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.