Sukses

3 Hal yang Disampaikan Jokowi Usai Resmikan Bendungan Tapin Kalsel

Usai meresmikan Bendungan Tapin, Jokowi mengatakan keberadaannya sangat mengurangi banjir di wilayah tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada hari ini, Kamis (18/2/2021) meresmikan Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Jokowi bertolak ke Kalimantan Selatan dengan menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 07.30 WIB dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Setibanya di Pangkalan TNI AU Syamsudin Noor Kota Banjarbaru, Jokowi langsung melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Tapin dengan helikopter Super Puma TNI AU.

Usai meresmikan Bendungan Tapin, Jokowi mengatakan keberadaannya sangat mengurangi banjir di wilayah tersebut.

"Karena adanya Bendungan Tapin ini, banjir di Kabupaten Tapin bisa dikurangi. Sangat drastis sekali. Hanya kecil sekali daerah yang terkena banjir karena Kab Tapin memiliki bendungan ini," jelas Jokowi saat peresmian seperti yang ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (18/2/2021).

Bendungan yang menghabiskan anggaran hampir Rp 1 triliun ini, disebut Jokowi memiliki kapasitas tampung 56,7 juta meter kubik. Oleh karena itu diharapkan mampu memperkuat ketahanan pangan.

"Perannya sangat penting dalam pengendalian banjir, juga perkuat ketahanan pangan karena bisa sediakan irigasi untuk 5.472 hektare," kata Jokowi.

Berikut sejumlah hal yang disampaikan Jokowi usai meresmikan Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan (Kalsel) dihimpun Liputan6.com:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Yakin Mampu Kurangi Banjir

Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah meresmikan Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan, Kamis (18/2/2021).

Dia menyebut keberadaan bendungan yang menghabiskan anggaran hampir Rp 1 triliun ini sangat mengurangi banjir di wilayah tersebut.

"Karena adanya Bendungan Tapin ini, banjir di Kabupaten Tapin bisa dikurangi. Sangat drastis sekali. Hanya kecil sekali daerah yang terkena banjir karena Kab Tapin memiliki bendungan ini," jelas Jokowi saat peresmian seperti yang ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden.

 

3 dari 4 halaman

Diharapkan Mampu Perkuat Ketahanan Pangan

Menurut Jokowi, bendungan yang dibangun pada 2015 lalu ini memiliki kapasitas tampung 56,7 juta meter kubik.

Dengan kapasitas tampung sebesar ini, lanjut dia, Bendungan Tapin mampu memperkuat ketahanan pangan.

"Perannya sangat penting dalam pengendalian banjir, juga perkuat ketahanan pangan karena bisa sediakan irigasi untuk 5.472 hektare," kata Jokowi.

 

4 dari 4 halaman

Miliki Banyak Manfaat untuk Masyarakat

Selain itu, Bendungan Tapin dapat menyediakan air baku sebesar 0,5 meter kubuk per detik dan menghasilkan tenaga listrik yang cukup besar hingga 3,3 Megawatt.

Jokowi meyakini keberadaan Bendungan Tapin membawa banyak manfaat untuk masyarakat setempat.

"Inilah fungsi bendungan selain mengairi sawah, hasilkan listrik, selain air baku, juga dalam rangka pengendalian banjir," jelas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.