Anies Singgung Kualitas Udara dan Transportasi Jakarta di Forum Internasional

Oleh Liputan6.com pada 18 Feb 2021, 09:48 WIB
Diperbarui 18 Feb 2021, 09:48 WIB
Anies Baswedan
Perbesar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan didampingi Wakil Gubernur DKI, Ahmad Riza mengendarai sepeda di Kawasan Bundaran HI, Selasa (16/6/2020). Anies bersepeda dalam rangka mengajak warga agar selalu menggunakan face shield atau masker saat beraktivitas di luar ruangan. (merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pandemi Covid-19 sedikitnya membawa keuntungan bagi Jakarta dalam perubahan. Dampak yang disoroti Anies adalah perbaikan kualitas udara dan volume kendaraan di jalan.

"Di sisi lain banyak kota dan penduduknya mengalami pengalaman langka. Apa itu? Udara bersih. Termasuk kami di sini di Jakarta," kata Anies dalam Forum C40 dihadiri pula Gubernur Tokyo, Yurike Koike, yang dikutip melalui channel Youtube Time to Act climate action, Rabu 17 Februari 2021.

Anies menuturkan, pembatasan aktivitas masyarakat untuk mencegah penularan Covid secara perlahan mengubah kebiasaan warga dalam hal mobilitas. Jika sebelum pandemi kendaraan pribadi mendominasi jalan, saat ini sepeda menjadi transportasi alternatif.

Ikuti cerita dalam foto ini https://story.merdeka.com/2303605/volume-5

Perubahan ini diakui Anies menjadi kontribusi kualitas udara sekaligus volume kendaraan. Sebab, penggunaan sepeda sebagai alat transportasi alternatif berdampak signifikan sebagai solusi kemacetan.

"Kami telah mendorong orang untuk mengubah pola pikir mereka tentang bersepeda dari olahraga atau hiburan menjadi transportasi. Ini adalah transformasi sederhana tetapi mengubah cara kita memandang bersepeda," kata Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga menyampaikan komitmen Jakarta mencapai target bebas emisi bersih pada 2050 dan mengurangi 50 persen emisi gas rumah kaca.

"Dan Jakarta, kami telah belajar dari inisiatif yang datang dari berbagai kota global, kami telah belajar dari Tokyo, Paris, Brussel, Medellin, dan banyak kota lainnya," tandas Anies Baswedan.

 

2 dari 3 halaman

Anies Baswedan Dinobatkan Jadi Pahlawan Transportasi

Paket Kontrak Pembangunan MRT Fase II Resmi Ditandatangani
Perbesar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Dubes Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii menyaksikan penandatanganan MoU paket kontrak PT MRT Jakarta (Perseroda) dan Shimizu-Adhi Karya JV (SAJV) untuk Fase 2 CP 201 di MRT Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Senin (17/2/2020). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan dinobatkan sebagai salah satu pahlawan transportasi dalam 21 Heroes 2021 oleh lembaga internasional Transformative Urban Mobility Initiative (TUMI).

Anies bersama 20 orang lainnya, seperti CEO SpaceX dan Arsitek Produksi Tesla, Elon Musk dan Wali Kota Paris Anne Hidalgo, terpilih karena keberhasilan transformasi mobilitas kota yang berdampak pada peningkatan kualitas hidup seluruh warga.

Menurut Anies, pencapaian dalam 21 Heroes 2021 merupakan hasil kerja bersama seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta sekaligus juga kolaborasi dengan berbagai pihak sehingga perencanaan sistem transformasi transportasi di Jakarta merupakan bentuk dari partisipasi publik yang dikerjakan dengan baik oleh pemerintah daerah.

"Pencapaian ini adalah hasil kolaborasi dengan berbagai pihak, kami dari awal membuka kesempatan seluas-luasnya bagi publik untuk terlibat dalam perencanaan pembangunan sistem transportasi," kata Anies Baswedan dalam keterangan tulis, Jakarta, Jumat (5/2/2021).

Dalam dokumen resmi TUMI, disebutkan bahwa 21 Heroes 2021 adalah ajang untuk menghormati mereka yang mencapai kesuksesan transportasi pada tahun 2020, terlepas dari tantangan bersejarah yang dihadapi atau pandemi dan meletakkan dasar untuk inisiatif mobilitas yang lebih sukses dan berkelanjutan pada tahun 2021.

Individu yang disoroti dalam publikasi ini adalah sekelompok kecil, namun kuat, dari banyak orang yang aktif berkontribusi untuk menjadikan mobilitas berorientasi masa depan, aman, inklusif, dan berkelanjutan.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓