Sukses

Ketua Satgas Covid-19 Tekankan Pentingnya Kelompok Lansia Ikut Vaksinasi

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo menekankan pentingnya masyarakat lanjut usia (lansia) mengikuti vaksinasi untuk mencegah penularan virus corona.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo menekankan pentingnya masyarakat lanjut usia (lansia) mengikuti vaksinasi untuk mencegah penularan virus corona. Selain tenaga kesehatan, lansia masuk dalam kategori kelompok rentan terpapar Covid-19.

"Memberikan vaksin kepada lansia adalah telah memberikan perlindungan kesehatan kepada kelompok lansia," kata Doni Monardo usai mendampingi Wapres Ma'ruf Amin menjalani vaksinasi Covid-19, Rabu (17/2/2021).

Menurut dia, Ma'ruf Amin dalam kondisi yang sehat dan tak menunjukkan reaksi apapun setelah disuntik vaksin Covid-19. Adapun vaksin yang disuntikan ke Ma'ruf merupakan buatan perusahaan asal China, Sinovac.

Ikuti cerita dalam foto ini https://story.merdeka.com/2303605/volume-5

"Kita bersyukur karena Bapak Wakil Presiden telah melakukan program vaksinasi yang sejauh ini beliau dalam keadaan sehat, aman, tanpa ada reaksi apapun. Mudah-mudahan akan tetap bsrlanjut untuk jangka waktu selanjutnya," jelasnya.

Pemerintah sendiri menargetkan 70 persen penduduk Indonesia atau 182 juta orang harus disuntik vaksin Covid-19 agar tercipta herd immunity (kekebalan komunal). Untuk itu, Doni mengajak para warga lansia lainnya untuk mengikuti vaksinasi.

"Wapres telah memberikan contoh kepada kita semua untuk bersedia dilaksanakan vaksin. Mudah-mudahan keluarga besar bangsa indonesia yang masuk dalam kelompok lansia atau kelompok rentan, ini bisa ikut serta divaksin oleh petugas kesehatan," ujar Doni.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disetujui BPOM

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), mengeluarkan persetujuan penggunaan emergency use of authorization (EUA) vaksin CoronaVac untuk usia di atas 60 tahun. Menurut Kepala BPOM, Penny Lukito, kebijakan tersebut dilakukan berdasarkan pertimbangan banyaknya korban meninggal terinfeksi virus corona pada kelompok usia tersebut.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, persentase lansia yang terpapar virus corona di Indonesia sebesar 10 persen, namun total yang meninggal karena Covid-19 mencapai angka 50 persen. Hal tersebut menunjukkan risiko besar bagi para lansia dalam menghadapi pandemi Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Lansia