Sukses

Melihat Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Pasar Tanah Abang

Pedagang Pasar Tanah Abang antre untuk menerima suntikan vaksin Covid-19 pada Rabu (17/2/2021).

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar 9.700 pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat mendaftar untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19. Vaksinasi Covid-19 ini dimulai Rabu (17/2/2021) pukul 08.00 WIB.

Vaksinasi Covid-19 tahap kedua yang digelar di Pasar Tanah Abang ini menjadi pilot project. Sehingga ke depannya, pedagang dari pasar lainnya akan mendapatkan kesempatan yang sama.

Pantauan di lapangan, pedagang Pasar Tanah Abang antre untuk menerima suntikan vaksin Covid-19. Mereka juga secara bergantian menghampiri petugas medis untuk menerima vaksin Covid-19.

Setidaknya sudah ada 100 lebih pedagang yang telah divaksinasi Covid-19 sejak mulai dibuka pada pukul 08.00 WIB.

Seorang wanita menjalani vaksinasi COVID-19 di Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta, Rabu (17/2/2021). Vaksinasi COVID-19 tahap kedua yang diberikan untuk pekerja publik dan lansia itu dimulai dari pedagang Pasar Tanah Abang di blok A, B, F, dan G. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Lokasi vaksinasi Covid-19 pada hari ini tersebar di Blok A, F, B, dan G. Vaksinasi untuk pedagang Pasar Tanah Abang dibagi per lantai. Untuk hari ini, di Blok A, vaksinasi diperuntukkan bagi pedagang yang memiliki kios di lantai dasar.

Pantauan Liputan6.com di Blok A Pasar Tanah Abang, vaksinasi Covid-19 dilakukan di lantai 8. Ada ruangan khusus yang disediakan untuk penyuntikan vaksin. Ruangan ini diklaim steril oleh petugas.

Sejumlah pedagang telah antre di ruangan suntik vaksin Covid-19 tersebut. Mereka antre di ruangan itu setelah mengantre dan didata di ruang tunggu berdasarkan nomor yang telah dibagikan.

Pedagang saat antre untuk menjalani vaksinasi COVID-19 di Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta, Rabu (17/2/2021). Total sasaran vaksinasi tahap kedua ini mencapai 38.513.446 yang terdiri dari 21 juta lebih lansia, dan hampir 17 juta untuk pekerja pelayanan publik. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Salah seorang pedagang Pasar Tanah Abang, Dewi menuturkan bagaimana caranya dia bisa mendapatkan vaksin Covid-19. Menurut Dewi, perwakilan dari Pasar PD Jaya menyambangi kiosnya di Blok A pada pekan lalu.

Petugas itu pun menawarkan kesediaannya untuk divaksin Covid-19. Apabila bersedia, maka diminta untuk menyerahkan kartu tanda penduduk (KTP) untuk pendataan. Dia juga akan mendapatkan kupon yang dijadikan sebagai alat untuk mendapatkan vaksin.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Ditemani Anies Tinjau Vaksinasi Covid-19 Pedagang Pasar Tanah Abang

Sementara itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap dua kepada pedagang Pasar Tanah Abang Jakarta Pusat, Rabu (17/2/2021). Penyuntikan vaksin Covid-19 dilakukan di lantai 8 Blok A Pasar Tanah Abang.

Jokowi telah tiba di Pasar Tanah Abang sekitar pukul 09.00 WIB. Dia didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap dua kepada pedagang Pasar Tanah Abang Jakarta Pusat, Rabu (17/2/2021).

Jokowi pun sempat berkeliling melihat langsung proses penyuntikan vaksin tahap dua kepada pedagang Pasar Tanah Abang. Dia juga tampak berbincang dengan sejumlah pedagang Pasar Tanah Abang yang sedang menunggu divaksin.

"Siap ya (divaksin). Biar cepat ramai," ucap Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.