Kisah Cinta Jokowi dan Iriana, Kesan Ndeso yang Turun ke Hati

Oleh Lizsa Egeham pada 18 Feb 2021, 08:08 WIB
Diperbarui 18 Feb 2021, 08:08 WIB
Jokowi pakaian adat aceh
Perbesar
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana menggunakan busana adat Aceh sesaat sebelum Upacara 17 Agustus. (Liputan6.com/Loop/BiroSetpres)

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang berkata ada perempuan hebat di balik lelaki yang sukses, seperti kisah Ibu Negara Iriana yang setia menemani Presiden Joko Widodo atau Jokowi selama 30 tahun lebih. Iriana berada di sisi Jokowi bahkan sebelum pria kelahiran Surakarta, 21 Juni 1986 itu menjadi Kepala Negara selama dua periode.

Jokowi dan Iriana menikah di Solo pada 24 Desember 1986. Keduanya dikenal sebagai pasangan yang sederhana bahkan sejak masa pacaran. Kesederhaan Iriana pula lah yang membuat Jokowi jatuh hati.

"Dia itu sederhana, ndeso banget," kata Jokowi di Solo, Minggu 27 April 2014.

Bukan hanya itu, mahar pernikahan Jokowi dan Iriana pun sangat sederhana yakni berupa alat salat, Alquran, dan cincin kawin. Harga cincin kawin mereka kala itu Rp 24 ribu.

Kisah cinta pasangan ini bermula ketika Jokowi menjadi mahasiswa semester III di Universitas Gadjah Mada, sementara Iriana masih duduk di kelas III SMA di Surakarta. Iriana merupakan teman dari adik Jokowi.

Kala itu, Ibu Negara kerap bermain ke kediaman Jokowi. Setelah sering melihat Iriana bermain ke rumahnya, Jokowi mulai menaruh hati pada Iriana. Perasaan Jokowi pun berbalas, wanita kelahiran 1 Oktober 1963 itu ternyata juga menaruh hati padanya.

Iriana menyebut sosok Jokowi yang pintar dan tidak banyak omong membuatnya jatuh cinta pertama kali. Dia juga memiliki firasat bahwa suatu hari Jokowi akan menjadi orang besar.

"Dia dulu orangnya antik dan enggak gaul. Namanya anak muda, dulu pakai kaos sama jin, tapi dia ini pakaiannya biasa aja. Dan memang punya feeling," ujar Iriana.

Potret kemesraan Jokowi dan Iriana saat menikmati senja di Kabupaten Kaimana, Papua Barat. (Dok BPMI Setpres)

Setelah menikah, Jokowi yang baru lulus kuliah dari Ilmu Kehutanan UGM lantas memboyong Iriana ke Aceh karena mendapat pekerjaan di sana. Pasangan itu tinggal di rumah panggung yang berada di kawasan Kabupaten Bener Meriah, Aceh.

Di Aceh pula, Iriana mengandung anak pertama mereka, Gibran Rakabuming Raka. Selama tiga tahun dalam kurun waktu 1986 hingga 1989, Iriana dan Jokowi tinggal di rumah panggung tersebut. Namun, Jokowi memutuskan kembali ke Solo dan melepas karirnya di PT Kertas Kraft Aceh menjelang Iriana melahirkan Gibran.

Selama 34 tahun membina rumah tangga, Jokowi dan Iriana telah dikaruniai tiga orang anak yakni, Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang. Kemudian, empat orang cucu yaitu, Jan Ethes Srinarendra, La Lembah Manah (dari pernikahan Gibran dan Selvi Ananda), Sedah Mirah Nasution, dan Panembahan Al Nahyan Nasution (dari pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution).

Presiden  Joko Widodo bersama ibu negara Iriana didampingi putra putrinya bersiap meninggalkan Istana Merdeka menuju gedung DPR, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Jokowi bersama keluarga menuju DPR untuk dilantik menjadi presiden untuk kedua kalinya. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Iriana dikenal sebagai sosok istri yang sangat setia mendampingi Jokowi, mulai dari sang suami masih menjadi pengusaha hingga memutuskan terjun ke dunia politik menjadi Wali Kota Solo, Gubernur DKI Jakarta, dan Presiden RI dua periode. Iriana kerap kali menemani Jokowi baik saat kampanye, kunjungan kerja ke luar daerah, maupun kunjungan ke luar negeri.

 

2 dari 4 halaman

Tak Romantis

Jokowi Naik MRT Bersama Chelsea Islan dan Disabilitas
Perbesar
Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Widodo saat menjajal Kereta MRT di Jakarta, Kamis (21/3). Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana mencoba kembali kereta tersebut bersama disabilitas, dan artis Chelsea Islan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Jokowi sendiri bukanlah sosok yang romantis. Hal ini diakui sendiri oleh Jokowi dan Iriana. Kepala Negara mengaku tak pernah memberikan Iriana bunga atau memberikan kejutan di hari ulang tahun pernikahan.

"Enggak pernah juga. Saya dan istri enggak punya budaya ulang tahun. Ulang tahun perkawinan ya enggak pernah, ulang tahun kelahiran juga enggak pernah. Ulang tahun ya seperti hari-hari biasa saja, enggak ada yang istimewa," tutur Jokowi, 22 Mei 2014 silam.

Namun, ada momen romantis yang dilakukan Jokowi saat Iriana berulang tahun. Dia membelikan Iriana buah durian sebagai hadiah untuk sang istri yang berulang tahun. Sayangnya, hal romantis itu berujung kekecewaan.

"Saya pernah beli durian mahal, harga mahal, barang saya lihat bagus, saya pakai untuk hadiah ulang tahun Ibu Jokowi. Saya beli satu. Sampai di rumah dibuka enggak enak, coba," ucap Jokowi, Kamis 12 Maret 2020.

Keromantisan keduanya memang tak ditunjukan dengan kata-kata, namun dengan perhatian atau tindakan. Salah satunya, perhatian yang diberikan Iriana saat Jokowi memberikan pidato dalam acara temu kangen masyarakat Indonesia di Singapura pada 2017 lalu.

Presiden Joko Widodo disaksikan Ibu Negara Iriana bersiap mengikuti cukur rambut massal di Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1). Dalam acara cukur rambut massal ini, rambut Jokowi dicukur oleh tukang cukur langganannya, Herman. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ketika itu, rambut Jokowi terlihat berantakan, sehingga Iriana memberikan kode agar suaminya itu merapikan rambutnya. Meski telah berkali-kali memberikan kode, Jokowi rupanya tak menyadarinya.

Iriana yang gelisah ingin memperbaiki rambut Jokowi akhirnya memanggil salah satu Paspampres untuk menyampaikan pesan yang ditulis melalui selembar kertas. Setelah mendapatkan pesan tersebut, Jokowi segera merapikan rambut bagian depannya. Perhatian Iriana itu pun mendapat banyak pujian dari masyarakat.

 

3 dari 4 halaman

Modal Kejujuran

Presiden Jokowi dan Raja Belanda Sampaikan Keterangan Bersama
Perbesar
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Ibu Negara Iriana menyampaikan keterangan di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/3/2020). Raja dan Ratu Belanda mengunjungi Indonesia untuk peningkatan kerja sama bilateral bidang ekonomi dan sumber daya manusia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Keromantisan keduanya pun dilakukan dengan cara-cara yang sederhana. Seperti kala hendak berangkat dan tengah duduk bersama, Iriana membawa sisir untuk merapikan rambut Jokowi.

"Kadang-kadang kita mau berangkat, lagi duduk gitu, tahu-tahu (Iriana) bawa sisir. Disisir rambut saya. Rambutnya kacau mungkin. Jadi, kalau mengungkapkan (cinta) gitu," tutur Jokowi, 8 Maret 2019.

Menurut Iriana, kejujuran merupakan kunci agar rumah tangga terus harmonis. Meski Jokowi adalah seorang Presiden, keduanya selalu berkomunikasi dan saling mengingatkan dalam segala hal.

"Yang pasti dalam berumah tangga harus jujur, sering berkomunikasi dan saling mengingatkan dalam segala hal," pungkas Iriana.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓