Sukses

Wali Kota Bekasi Gelar Acara Ulang Tahun di Vila Puncak, Ini Kata Bupati Bogor

Beredar kabar Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi merayakan pesta ulang tahun di vila miliknya di kawasan Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar kabar Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi merayakan pesta ulang tahun di vila miliknya di kawasan Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor. Bupati Bogor, Ade Yasin membenarkan kabar tersebut.

Dia mengatakan, pihaknya mendapat laporan dari masyarakat soal adanya acara tersebut. Satgas Covid-19 Camat Cisarua pun langsung membubarkan acara tersebut. Menurut dia, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi dan 20-an orang yang hadir tidak disanksi.

"Kan itu acaranya tanggal 3 Februari yah. Memang betul ada. Tapi langsung dibubarkan oleh Satgas Covid-19 Cisarua, ada camat, kapolsek hingga Danramil yang membubarkan," kata Ade Yasin, Senin (15/2/2021).

Dia meminta peristiwa ini tidak perlu dibesar-besarkan dan menjadi polemik. Pasalnya, dia menilai jumlah orang yang datang ke vila tersebut relatif sedikit. Pihak kecamatan pun langsung membubarkan acara tersebut.

"Kan kewajiban kami membubarkan jika terjadi kerumunan. Jadi bukan sesuatu yang besar. Mereka juga tetap protokol kesehatan kok. Intinya begitu kami minta bubar, mereka langsung bubar," tutur Ade soal pesta ulang tahun Wali Kota Bekasi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kronologi Pesta

Camat Cisarua, Deni Humaedi menjelaskan, pihaknya menerima laporan dari warga pukul 20.30 WIB, 3 Februari 2021. Masyarakat melapor, ada banyak mobil di sebuah vila di Desa Cibeurem yang menjadi tempat peristirahatan Rahmat Effendi.

Kemudian, Deni bersama Kapolsek Cisarua dan Danramil Cisarua, mendatangi lokasi pukul 21.20 WIB dan mendapati benar ada acara tersebut, kemudian menjelaskan mengenai PPKM.

"Alhamdulillah tidak ada bersitegang, kami diterima dengan baik, kemudian saya tugaskan Satpol PP dan anggota Polsek Cisarua berjaga di lokasi. Khawatir imbauan kami untuk membubarkan diri tidak dilaksanakan," kata Deni.

Kemudian, pukul 21.45 WIB, Rahmat Effendi dan koleganya itu pun membubarkan diri. "Pas kami datang pun, mereka semua pakai masker dan tidak pakai kursi, duduk di lantai bersila gitu saja. Saat itu kami minta untuk membubarkan diri dan dipenuhi oleh mereka," kata Deni.

 

Reporter: Rasyid Ali

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Bantahan Pemkot Bekasi

Humas Pemkot Bekasi membantah, jika pertemuan tersebut merupakan pesta ulang tahun. Saat itu, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyampaikan sedikit arahannya dalam pertemuan singkat.

Pertemuan singkat tersebut memang digelar santai tentang penyelenggaraan Pemkot Bekasi dilanjutkan acara ramah tamah.

Rahmat Effendi tidak mengundang para pemangku jabatan. Namun, para pemangku jabatan ini berinisiatif hadir dalam acara itu.

"Kegiatan itupun mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, disediakan tempat mencuci tangan, dan menjaga jarak, serta menghindari kerumunan karena ini bersifat internal Pemkot Bekasi," jelas Humas Pemkot Bekasi dalam siaran tertulisnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.