Sukses

Jokowi Lantik Gubernur Kalimantan Utara dan Sulawesi Utara Periode 2021-2024

Jokowi melantik Gubernur dan Wagub Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang-Yansen TP dan Gubernur dan Wagub Sulawesi Utara Olly Dondokambey-Steven Kandouw.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Gubernur serta Wakil Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) dan Sulawesi Utara (Sulut) masa jabatan 2021-2024 di Istana Negara Jakarta, Senin (15/2/2021). Dua pasang kepala daerah itu dilantik Jokowi setelah terpilih dalam Pilkada 2020.

Adapun Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara yang dilantik adalah Zainal Arifin Paliwang dan Yansen TP. Sementara itu, Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara yang dilantik yakni petahana Olly Dondokambey dan Steven Kandouw.

Berdasarkan pantauan dari Youtube Sekretariat, Jokowi terlebih dahulu menyerahkan petikan Keppres kepada empat kepala daerah di Istana Merdeka. Kemudian, mereka melakukan prosesi kirab dari Istana Merdeka ke Istana Negara didampingi Jokowi, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Pelantikan Gubernur-Wakil Gubernur Kaltara dan Sulut itu berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 19 P tahun 2021 serta Keppres Nomor 21 P tahun 2021 tentang Pengesahan, Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara dan Sulawesi Utara sisa masa jabatan 2021-2024.

Selanjutnya, Jokowi membimbing dua pasang kepala daerah itu mengucapkan sumpah jabatan Gubernur-Wakil Gubernur Kalimantan Utara dan Sulawesi Utara.

"Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur dan wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh UUD negara RI tahun 1945 dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa," kata para kepala daerah bersamaan mengikuti ucapan Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelantikan Hasil Pilkada 2020

Berhubung di tengah situasi pandemi Corona atau Covid-19, acara pelantikan pun mengikuti protokol kesehatan. Baik Jokowi, Maruf Amin, dan para kepala daerah yang dilantik terlihat memakai masker dan menjaga jarak.

Seperti diketahui, Pilkada 2020 digelar pada 9 Desember di tengah masa pandemi Covid-19. Pasangan Zainal Arifin Paliwang-Yansen TP memenangkan Pilkada Kaltara 2020 dengan perolehan 47.311 suara.

Sedangkan pasangan Olly Dondokambey-Steven Kandouw menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara setelah berhasil mengantongi 821.503 suara di Pilkada Sultra 2020.

Kalimantan Utara dan Sulwesi Utara tercatat tidak memiliki gugatan Pilgub dalam Pilkada 2020 sehingga mereka dilantik paling awal oleh Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.