Sukses

Antisipasi Cuaca Ekstrem, Pemkot Jakpus Pangkas Pohon Rawan Tumbang

Ia menjelaskan, pemangkasan dilakukan untuk mengantisipasi pohon tumbang saat hujan deras yang disertai angin kencang.

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan pohon pelindung di sejumlah ruas jalan di Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, dipangkas. Ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya pohon tumbang menyusul cuaca ekstrem yang belakangan kerap terjadi.

Kasatpel Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat, Demak Bebasaraja mengatakan, pemangkasan pohon pelindung di sejumlah ruas jalan rutin dilakukan. Sejak awal Januari hingga saat ini total sebanyak 60 pohon rimbun yang sudah dipangkas.

"Pemangkasan pohon mengerahkan delapan personel yang rutin berkeliling ke ruas jalan protokol dan menindaklanjuti pengaduan warga," ujar Demak, Minggu (14/2/2021).

Ia menjelaskan, pemangkasan dilakukan untuk mengantisipasi pohon tumbang saat hujan deras yang disertai angin kencang.

Ia menambahkan, puluhan pohon pelindung rimbun yang telah dipangkas di antaranya jenis angsana, palem, beringin, dan glodokan tiang.

"Pemangkasan maupun penebangan pohon juga menindaklanjuti aduan dari warga. Kami juga mengimbau warga segera melapor jika mendapati pohon keropos dan rawan tumbang untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," tandasnya seperti dikutip BeritaJakarta.id.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pohon di Jaktim

Sementara itu, Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur, telah memangkas 4.480 pohon selama Januari 2020. Upaya ini dilakukan guna meminimalisir terjadinya pohon tumbang saat hujan deras disertai angin kencang.

"Kita sudah menoping 4.480 pohon yang rindang selama Januari kemarin. Untuk Februari, rekapan masih kita hitung. Penopingan pohon ini kita lakukan untuk mencegah timbulnya pohon rawan tumbang saat hujan deras disertai angin kencang," kata Kepala Seksi Kehutanan dan Jalur Hijau Sudin Kehutanan Jakarta Timur, Atang Setiawan, Kamis (11/2/2021).

Dia menjabarkan, 4.480 pohon yang telah ditoping ini tersebar di Kecamatan Jatinegara 301 pohon, Makasar 397 pohon, Pasar Rebo 334 pohon, Matraman 310 pohon, dan Pulogadung 356 pohon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.