Sukses

Abu Vulkanik Menurun, PPGA Sebut Letusan Gunung Raung Sudah Mereda

Abu vulkanik Gunung Raung saat ini hanya keluar sesekali saja dan abu hanya keluar dengan durasi waktu yang tidak bisa dipastikan.

Liputan6.com, Jakarta - Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) mencatat aktivitas vulkanik gunung Raung yang terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi, Jember dan Bondowoso, Jawa Timur itu kini mulai menurun.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung Mukijo mengatakan material abu vulkanik Gunung Raung sudah tidak keluar secara terus menerus dan kegempaan juga sudah dominan pada amplitudo 1 mm serta suara gemuruh dan pantulan cahaya api juga menurun.

"Asap kawah bertekanan lemah, teramati berwarna kelabu dengan intensitas tipis hingga sedang, dan tinggi 300-500 meter di atas puncak kawah," katanya di Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (14/2/2021) yang dikutip dari Antara.

Selain itu, lanjut dia, abu vulkanik yang keluar dari Gunung Raung terpantau tipis hingga sedang, sedangkan arah angin membawa abu ke timur dan timur laut.

Ia menjelaskan bahwa abu vulkanik Gunung Raung saat ini hanya keluar sesekali saja dan abu hanya keluar dengan durasi waktu yang tidak bisa dipastikan, termasuk pantulan cahaya api dari asap tidak lagi nampak dan suara gemuruh juga tidak terdengar.

"Paling tidak setengah jam sekali, suara gemuruh sudah tidak terdengar lagi. Begitu juga cahaya api sudah tidak tampak lagi sejak tadi malam," katanya.

Mukijo menjelaskan, untuk kegempaan sejak 12 Februari 2021 amplitudonya sudah dominan 1 mm dan kalau pun ada fluktuasi, tremor yang terjadi naik turunnya antara 1 mm hingga 4 mm.

 

Ikuti cerita dalam foto ini https://story.merdeka.com/2303605/volume-5

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Letusan Sudah Mereda

Dengan kondisi aktivitas Gunung Raung saat ini, menurut dia, bisa menggambarkan kondisi letusan gunung api secara keseluruhan sudah mereda.

"Hanya saja ya tetap kami pantau karena tremornya masih ada, sampai tadi pagi juga. Tinggi kepulan asap masih 500 meter," katanya.

Sejak 7 hingga 12 Februari 2021, kata dia, abu vulkanik Gunung Raung keluar secara terus menerus, dan semburan abu bisa mencapai hingga sekitar 2.500 meter di atas puncak.

Meskipun demikian, katanya, setelah 12 Februari 2021, kondisi aktivitas vulkanik menurun, status Gunung Raung masih waspada.

"Semoga kondisinya segera pulih. Sampai saat ini status masih waspada, dan jarak aman bagi masyarakat masih 2 kilometer dari atas puncak," demikian Mukijo.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.