Sukses

2 Harapan Jokowi saat Resmikan Bendungan Tukul di Pacitan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi yakin Bendungan Tukul siap memberikan manfaat besar bagi masyarakat di sekitarnya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Bendungan Tukul yang terletak di Desa Tukul, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur, pada Minggu (14/2/2021) .

Jokowi bersama rombongan terbatas lepas landas menuju Pangkalan TNI AU Adisutjipto, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1 dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Setibanya di Sleman, Jokowi menuju lokasi peresmian Bendungan Tukul dengan helikopter Super Puma TNI AU. Jokowi berharap, dengan adanya bendungan ini bisa meningkatkan produktivitas pangan.

"Alhamdulilah pada siang hari ini Bendungan Tukul yang telah dimulai 6 tahun yang lalu dengan biaya yang tadi itu, Rp 916 miliar, hari ini sudah selesai dan siap difungsikan," ujar Jokowi seperti dalam siaran virtual, Minggu (14/2/2021).

Dia yakin, Bendungan Tukul siap memberikan manfaat besar bagi masyarakat di sekitarnya. Jokowi menjelaskan, Bendungan Tukul akan mengairi sekitar 600 hektare sawah, dan mereduksi banjir sebesar 42,21 m3 per detik.

Dia pun optimistis, Bendungan Tukul dapat meningkatkan indeks tanam para petani di Kabupaten Pacitan dan sekitarnya.

Berikut harapan yang disampaikan Jokowi saat meresmikan Bendungan Tukul di Desa Tukul, Kabupaten Pacitan dihimpun Liputan6.com:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tingkatkan Produktivitas Pangan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Bendungan Tukul di Pacitan, Jawa Timur, Minggu (14/2/2021). Jokowi berharap, dengan adanya bendungan ini bisa meningkatkan produktivitas pangan.

"Alhamdulilah pada siang hari ini Bendungan Tukul yang telah dimulai 6 tahun yang lalu dengan biaya yang tadi itu, Rp 916 miliar, hari ini sudah selesai dan siap difungsikan," ujar Jokowi seperti dalam siaran virtual, Minggu (14/2/2021).

Menurut Jokowi, bendungan memiliki peranan penting untuk pengendalian banjir, mengairi sawah, air irigasi, dan juga penyediaan air baku. Jokowi menyebut, Bendungan Tukul bisa menampung 8,7 juta meter kubik.

"Dengan kapasitas tampung 8,7 juta meter kubik, Bendungan ini bisa memberikan manfaat sangat besar, yaitu 600 hektare sawah yaitu meningkatkan indeks pertanaman, yaitu dari tadinya satu kali, satu kali tanam padi dan satu kali tanam palawija menjadi dua kali tanam padi dan satu kali tanam palawija. Insyaallah ini sudah bisa dilihat dan dilakukan," kata Jokowi.

 

3 dari 4 halaman

Dapat Perkuat Ketahanan Pangan

Jokowi berharap, dengan difungsikannya Bendungan Tukul di Pacitan ini akan menjadi infrastruktur yang memperkuat ketahanan pangan.

Dia meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan bisa memanfaatkan Bendungan Tukul dengan baik bagi masyarakatnya.

"Saya meminta agar pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, benar-benar bisa memanfaatkan infrastruktur ini sebaik-baiknya sehingga bisa memberikan nilai tambah bagi daerah, memberikan keuntungan bagi masyarakat, meningkatkan produksi pertanian bagi daerah, dan juga memudahkan penyediaan air bersih bagi daerah," kata Jokowi.

4 dari 4 halaman

Lonjakan Kasus Covid-19 dan Amarah Jokowi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.