Nasib Ganjil Genap Akhir Pekan Kota Bogor Akan Dibahas Senin Depan

Oleh Achmad Sudarno pada 14 Feb 2021, 05:35 WIB
Diperbarui 14 Feb 2021, 05:35 WIB
Ganjil Genap Kota Bogor
Perbesar
Pemkot Bogor memberlakukan kebijakan ganjil genap setiap akhir pekan untuk membatasi mobilitas warga di tengah pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Liputan6.com, Bogor - Pemerintah Kota Bogor kemungkinan akan memperpanjang pemberlakuan kebijakan ganjil genap kendaraan bermotor di wilayahnya. Hal itu dilakukan sebagai upaya membatasi mobilitas masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, pihaknya akan mengevaluasi pelaksanaan ganjil genap akhir pekan ini. Evaluasi pada Senin 15 Februari 2021 nanti sekaligus untuk memutuskan apakah ganjil genap akhir pekan akan diperpanjang.

"Jadi besok hari terakhir, besok juga akan kita putuskan untuk kemudian hari Senin dianalisis apakah minggu depan akan diberlakukan atau tidak," kata Bima Arya, Sabtu (13/2/2021).

Dia mengklaim, semenjak diberlakukan ganjil genap terjadi penurunan volume kendaraan yang sangat besar di Kota Bogor. Dengan demikian, mobilitas masyarakat di Kota Bogor pun berkurang.

Oleh sebab itu, kemungkinan besar Pemkot Bogor akan memperpanjang kebijakan ganjil genap yang diberlakukan setiap akhir pekan itu. "Kemungkinan besar ya (diperpanjang)," katanya.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pertimbangkan Aspek Ekonomi

Polisi mengamankan kelompok pengendara motor gede (moge), yang sempat lolos operasi ganjil genap di Kota Bogor saat konvoi pada Jumat (12/2/2021).
Perbesar
Polisi mengamankan kelompok pengendara motor gede (moge), yang sempat lolos operasi ganjil genap di Kota Bogor saat konvoi pada Jumat (12/2/2021).

Kapolresta Bogor Kota Kombes Susatyo Purnomo Condro menambahkan, berdasarkan data Satgas Covid-19 Kota Bogor, volume kendaraan selama pemberlakuan ganjil genap.

"Kemarin (hari Jumat) jumlah pelanggaran sempat di angka 170 dan turun menjadi 160, lalu turun lagi 140 dan hari ini 120," sebutnya.

Terkait kemungkinan memperpanjang ganjil genap, lanjut Susatyo, pihak kepolisian tentunya akan ikut mengkaji seluruh aspek, termasuk ekonomi.

"Sebagainya untuk keberlanjutan apakah ganjil genap ini akan diperpanjang atau tidak, tentu nanti akan diputuskan di mekanisme rapat," kata Susatyo.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya