Sukses

Ariza Unggah Foto Makan Nasi Kapau Bareng Anies di Senen, Netizen Mengkritik

Potret keduanya diabadikan dan diunggah di akun Twitter milik Ariza, @BangAriza

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya Ahmad Riza Patria alias Ariza kulineran nasi kapau di kawasan Senen, Jakarta Pusat, Kamis 10 Februari 2021 malam.

Masih lengkap dengan baju dinasnya, Anies dan Ariza tampak asyik menyantap masakan khas asal minang tersebut, lengkap dengan jeruk hangat di atas meja.

Potret keduanya diabadikan dan diunggah di akun Twitter milik Ariza, @BangAriza. Dalam unggahan itu, Ariza menceritakan pengalamannya dengan Anies Baswedan saat makan nasi kapau di daerah Kramat, Senen, Jakarta Pusat.

"Banyak pengakuan tentang kelezatan makanan di kawasan ini, saya setuju dengan berbagai testimoni tersebut, silahkan buktikan," kata Ariza.

Dia menyebut, ada kebiasaan bagus di masyarakat ibu kota. Bila sedang ngumpul, mereka saling merekomendasikan tempat kuliner dengan berbagai alasan. Antara lain karena harga, rasa, keramahan, layanan, kebersihan, dan keunikan.

"Budaya ini perlu semakin kita hidupkan di media sosial. Apalagi di masa Covid-19 ini, di mana warung-warung kuliner warga banyak yang terdampak bahkan ada yang tutup," ucap Ariza.

Politikus Partai Gerindra itu melihat pemberitaan media bahwa omzet warteg anjlok hingga 90 persen akibat pandemi Covid-19. 20 ribu warteg di Jabodetabek terancam akan tutup operasional pada tahun ini.

"Jakarta ini surga kuliner, semua ada dari Aceh-Papua. Mari kita membeli berbagai kuliner nusantara dan membantu mempromosikannya dengan kreatifitas kita masing-masing. Terima kasih kami haturkan kepada banyak pengguna media sosial dan pembuat konten yang sudah melakukannya," tuturnya.

"Yakinlah, setiap kebaikan yang kita lakukan akan berdampak pada bertambahnya kebahagiaan pada keluarga kita. Terima kasih Ibu Bapak semua. Mari jadikan disiplin 3M sebagai kebutuhan, terus kita siaga bencana," pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kritik Netizen

Namun keakraban keduanya dikritik oleh sejumlah netizen. Terlebih, kedua pemimpin DKI Jakarta itu makan di tempat saat pandemi Covid-19. Dalam foto tersebut, tampak Ariza juga menurunkan maskernya ke dagu.

"Bapak maaf lain kali takeaway saja. Makan bersama seperti ini sangat berisiko penularan karena jaraknya kura 1m dan saat makan biasanya sambil ngobrol. Ketika makan juga sebaiknya masker dilipat dan dimasukkan ke tas/kantong. Kalau melorot ke dagu akan kotor kena kulit dagu/leher," kritik @astriferdiana.

Akun @unilubis juga mempertanyakan risiko penularan Covid-19 jika makan di tempat umum. "Nah, bukankan berisiko makan dalam jarak dekat dalam situasi seperti ini? Apalagi terpaksa buka masker?"

Tak hanya itu, gaya Anies dan Ariza yang makan masakan padang menggunakan sendok juga dikomentari. Sebab, makan padang dinilai lebih enak pakai tangan ketimbang sendok.

Meski begitu, tak sedikit juga netizen yang memberikan respons positif terhadap aksi Anies dan Ariza. Seperti yang dilontarkan akun @hereuya.

"Alhamdulillah ....sejuk melihat pemimpin yg bisa merakyat."

Begitu juga akun @siyudhi, "Mantab Bapak Gubernur @aniesbaswedan dan Bapak Wagub @BangAriza selalu kompak dan bekerja tak kenal lelah buat Jakarta, dan juga mencontohkan posisi makan yang benar menjaga jarak disaat makan bersama."

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini