Sukses

Terapkan Protokol Kesehatan Saat Perayaan Imlek, Wagub DKI Berterimakasih

Tahun Baru Imlek 2572 kali ini dirayakan berbeda di tengah pandemi Covid-19. Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan sejumlah komunitas untuk tetap menyemarakkan Tahun Baru Imlek secara virtual.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun Baru Imlek 2572 kali ini dirayakan berbeda di tengah pandemi Covid-19. Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan sejumlah komunitas untuk tetap menyemarakkan Tahun Baru Imlek secara virtual. 

Namun untuk perayaan secara langsung di beberapa vihara, Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria memastikan adanya penerapan protokol kesehatan ketat.

Hal itu disampaikan Ariza usai melakukan peninjauan di Vihara Lalitavistara, Cilincing, Jakarta Utara, pada Jumat (12/2/2021).

“Saya menyampaikan Selamat Tahun Baru Imlek, Gong Xi Fat Cai. Hari ini saya sengaja berkunjung ke Vihara Lalitavistara di Cilincing, Jakarta Utara. Tempat ini dipilih karena ini merupakan Vihara tertua di Indonesia, ada sejak 300 tahun lalu. Protokol kesehatan dilaksanakan dengan baik di sini," kata Ariza.

Ikuti cerita dalam foto ini https://story.merdeka.com/2303605/volume- 5

Dalam tinjauannya, Ariza turut menyaksikan prosesi peribadatan sekaligus perayaan Imlek yang berlangsung secara terbatas dan sederhana. Ia menyampaikan apresasi atas kerja sama para pemuka agama dan warga di Jakarta yang beragama Buddha dalam penerapan protokol kesehatan selama melakukan peribadatan di Vihara. 

"Terima kasih di Vihara ini tetap melaksanakan protokol kesehatan. Pemuka Agama dalam merayakan Imlek di masa pandemi ini menyarankan agar jamaahnya bisa beribadah tetap di rumah, sekali pun di sini diperkenankan, namun masyarakat yang merayakan Imlek di Vihara ini sangat terbatas. (Hal itu) tidak mengurangi makna dan arti ibadah itu sendiri," jelas Wagub Ariza.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perayaan Imlek di Jakarta

Selain itu, Ariza menyampaikan bahwa perayaan Tahun Baru Imlek di seluruh wilayah Jakarta secara umum berlangsung dengan baik dan telah menerapkan protokol kesehatan dengan tepat. Ia menjelaskan bahwa beberapa tempat peribadatan di Jakarta memang dibuka di tengah pandemi, namun diimbau untuk tetap disiplin. 

"Secara umum perayaan Imlek di Jakarta pada tahun ini sangat baik. Penuh kedamaian, keberkahan. Ini salah satu Vihara yang dibuka dari sekian banyak, kami sangat menghormati dan menghargai para pemuka agama membatasi Vihara yang dibuka karena di masa pandemi ini,” ucapnya.

Untuk diketahui, rangkaian kegiatan Jakarta Imlekan 2021 berlangsung mulai 11 – 26 Februari 2021. Acara meliputi kampanye edukasi masyarakat tentang keberagaman di Jakarta melalui media sosial, konten berseri mengenai tradisi Imlek hingga sejarah Imlek masuk ke Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.