Sukses

40 Prajurit TNI Dikarantina di Rumah Lawan Covid-19 Tangsel Dinyatakan Sembuh

Puluhan prajurit TNI Yon Arhanud Serpong, Tangsel itu dinyatakan terpapar Covid-19 sepulang dari tugas di Maluku.

Liputan6.com, Tangerang Selatan - Sebanyak 40 prajurit TNI dari Batalyon Artileri Pertahanan Udara (Yon Arhanud) Serpong, Tangerang Selatan dinyatakan sembuh dari Covid-19. Mereka pun diizinkan pulang dari tempat karantina, Rumah Lawan Covid-19 (RIC) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Puluhan prajurit tersebut dipulangkan setelah sebelumnya menjalani masa karantina selama hampir 14 hari di RIC Tangsel. Sebelum pulang, para prajurit tersebut pun diberikan surat keterangan bebas Covid-19, sebagai bukti atas kesembuhan mereka melawan virus corona.

"Iya sudah pulang semua, sembuh semua. Mereka dipulangkan pada Kamis, 11 Februari. Ada 40 prajurit TNI dan tiga orang sipil," ungkap Koordinator RIC, Suhara Manullang, Jumat (12/2/2021).

Puluhan prajurit TNI tersebut, sebelumnya dinyatakan positif Covid-19 usai menjalani pemeriksaan usap atau swab test di pelabuhan, sepulang bertugas dari wilayah Maluku.

"Jadi perlu saya sampaikan bahwa sekitar 13 hari yang lalu, ada anggota Arhanud yang pulang dari penugasan. Saat diperiksa, di-swab di pelabuhan hasilnya positif," ujar Suhara.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dirawat Bertahap

Namun lantaran keterbatasan kapasitas ruang karantina, puluhan prajurit TNI tersebut dirawat secara bertahap. Seluruhnya merupakan pasien tanpa gejala, atau biasa disebut sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Waktu itu penuh ya, jadi bertahap. Pertama tujuh, kemudian lima, 10, dan akhirnya 40 orang. Mereka rata-rata OTG dari gejala ringan maka tanpa gejala, 13 hari mereka sudah dinyatakan sembuh, dan tidak menularkan lagi," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.