Sukses

Longsor Terjang Rumah Kontrakan di Depok, 20 Penghuni Mengungsi

Ketua RT setempat mengungkap bahwa longsor sudah tiga kali terjadi di lokasi yang sama.

Liputan6.com, Depok - Tanah longsor yang terjadi saat hujan deras mengguyur Kota Depok, Jawa Barat menerjang sebuah kontrakan di Perumahan Tirta Mandala, Cilodong. Peristiwa itu diketahui terjadi pada Selasa (9/2/2021) dini hari. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Ketua RT setempat, Tuin mengatakan, longsor itu bukan pertama kalinya terjadi. Setidaknya longsor sudah terjadi tiga kali di lokasi yang sama.

"Ini longsor ketiga. Pertama longsor saat belum dibangun (rumah kontrakan), masih pohon pohon bambu. Ini ketiga," katanya, Rabu (10/2/2021).

Titik longsor berada di dinding Kali Jantung. Di sana berdiri rumah kontrakan delapan pintu. Longsor pertama terjadi ketika pondasi dibangun. Kedua terjadi saat kontrakan berdiri. Namun Tuin tidak ingat persis kapan detilnya.

"Kira-kira berkisar 3-4 tahun sebelum insiden longsor baru-baru ini. Yang kedua sudah jadi kontrakan. Selang beberapa tahun ini baru kejadian lagi. Lupa ya, sekitar 3-4 tahunan," katanya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

20 Penghuni Mengungsi

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Denny Romulo menuturkan, longsor itu menyebabkan 20 penghuni kontrakan mengungsi. Kemudian ada juga satu motor dan mobil yang tertimpa.

"Longsor yang terjadi menutupi saluran air dan membuat air meluap di dalam kompleks," katanya.

 

Reporter: Nur Fauziah/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.