Sukses

Jaksa Tolak Irjen Napoleon Putar Rekaman Kasus Suap Djoko Tjandra di Persidangan

Kuasa hukum Napoleon meminta majelis hakim untuk memperdengarkan rekaman tersebut dalam persidangan. Namun, hal itu dicegat oleh tim jaksa.

Liputan6.com, Jakarta Mantan Kepala Divisi Hubungan Internasional (Hubinter) Polri Irjen Napoleon Bonaparte mengaku memiliki rekaman suara terkait kasusnya, antara dirinya, Prasetijo Utomo, dan Tommy Sumardi terkait kasus dugaan penghapusan red notice Djoko Tjandra.

Napoleon menyebut rekaman itu terjadi pada 14 Oktober 2020 di Rutan Bareskrim Mabes Polri.

"Ya (pernah bertemu dengan Tommy Sumardi dan Prasetijo Utomo pada 14 Oktober 2020). Ada dan bawa (rekaman percakapannya)," kata Napoleon pada sidang lanjutan kasus terkait di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Senin (8/2/2021).

Sementara itu, pengacara Napoleon Bonaparte, Santrawan T. Paparang, meminta majelis hakim untuk memperdengarkan rekaman tersebut dalam persidangan. Namun, hal itu dicegat oleh tim jaksa.

"Mohon izin Yang Mulia, barangkali dijelaskan terlebih dahulu bagaimana bisa mendapatkan rekaman tersebut dan segala macam. Sesuai dengan perma," kata salah satu jaksa di persidangan tersebut.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minta Rekaman Dianalisis

Menengahi hal itu, hakim memutuskan untuk tidak memperdengarkannya secara langsung. Namun, meminta rekaman terkait untuk diperiksa dan dianalisis oleh majelis. 

Ketua Majelis Hakim, Muhammad Damish, meminta rekaman percakapan tersebut untuk didengarkan dan dianalisis oleh para hakim.

"Gimana kalau diserahkan ke majelis hakim biar didengar dan dianalisis," kata Damish

Santrawan mengizinkan hal tersebut dan memberikan rekaman dimiliki kliennya. 

"Baik, Yang Mulia," kata Santrawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.