Sukses

Banjir Kembali Merendam Rumah di Villa Nusa Indah Bogor

Curah hujan tinggi di wilayah hulu menyebabkan Sungai Cileungsi meluap dan berada di level Siaga I Banjir.

Liputan6.com, Jakarta - Perumahan Villa Nusa Indah 1 dan 2 Desa Bojongkulur, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor kembali terendam, Senin (8/2/2021) pagi. Tercatat 8 RW di kawasan tersebut terendam banjir dengan ketinggian air variatif dari 60-110 sentimeter.

Ketua Komunitas Peduli Sungai Cileungsi Cikeas (KP2C) Puarman mengatakan, banjir mulai merendam Villa Nusa 1 dan 2 sekitar pukul 09.00 WIB pagi tadi. Menurutnya, curah hujan tinggi di wilayah hulu menyebabkan Sungai Cileungsi meluap dan berada di level Siaga I Banjir.

"Ada 8 RW yang terdampak banjir. Saat ini tinggi banjir masih bertahan dikisaran 60-110 cm," kata dia.

Puarman mengatakan, sebagian warga yang rumahnya terendam air setinggi 110 sentimeter diungsikan ke posko pengungsian.

"Ada sebagian yang mengungsi ada juga yang masih bertahan di rumahnya masing-masing," ujar Puarman.

Saat ini warga dan para relawan masih berupaya menyedot air dengan menggunakan mesin pompa. Petugas gabungan juga masih melakukan evakuasi terhadap warga terdampak dengan menggunakan perahu karet.

"Sampai siang ini TMA (Tinggi Muka Air) pada Pos Pantau P2C berada di level 600 sentimeter atau Siaga 1 Banjir. Sebelumnya 650 sentimeter," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kawasan Langganan Banjir

Menurut Puarman, kawasan Villa Nusa menjadi langganan banjir. Terlebih jika hulu sungai diguyur hujan deras. Banjir terparah terjadi pada awal Januari 2020 lalu. Ketinggian air saat itu mencapai 2 meter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.