Komisi IX DPR Sambut Baik Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia

Oleh Delvira Hutabarat pada 08 Feb 2021, 12:38 WIB
Diperbarui 08 Feb 2021, 12:38 WIB
FOTO: Tenaga Kesehatan Jalani Vaksinasi COVID-19 Tahap Kedua di Puskesmas Palmerah
Perbesar
Petugas medis menyedot vaksin COVID-19 Sinovac untuk disuntikkan kepada tenaga kesehatan di Puskesmas Palmerah, Jakarta, Kamis (28/1/2021). Pemberian vaksin COVID-19 tahap kedua dilaksanakan terhadap tenaga kesehatan mulai hari ini. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengizinkan orang lanjut usia atau lansia untuk vaksinasi Covid-19 buatan Sinovac.

Anggota komisi IX DPR Rahmad Handoyo mengatakan, izin BPOM sudah berdasarkan hasil uji klinis. Dia juga menilai hal ini sebagai kabar baik untuk menghadapi pandemi.

"Pertama ini tentu menjadi kabar baik dan harapan baru dalam rangka pengendalian Covid 19, kususnya lewat terbentuknya inumuntas kelompok di masyarakat di segala kelompok umur, dengan diberikannya izin BPOM ini melegakan kita semua," ujar Rahmad dalam keterangannya, Senin (8/2/2021).

Ikuti cerita dalam foto ini https://story.merdeka.com/2303605/volume-5

Selanjutnya, Rahmad menyebut uji klinis vaksin Covid-19 terbukti aman untuk para lansia. Dia menjelaskan, izin penggunaan vaksin untuk lansia itu didasarkan atas data uji klinis di China dan Brazil.

"Dari sampel uji klinis usia 60 tahun ke atas disampaikan terbukti efektif dan keamanan bagus, serta efek samping juga sangat aman penggunanan vaksin untuk diatas 60 tahun," ucap Rahmad.

Namun, ia mengingatkan perlu adanya tes awal apakah para lansia tersebut memiliki penyakit bawaan yang berbahaya apabila divaksin atau tidak.

"Perlunya screening yang ketat Apakah para lansia ini memiliki penyakit bawaan tidak, apalagi di kampung yang jauh dari fasilitas kesehatan begitu mau vaksin ternyata ada komorbid," papar Rahmad.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 4 halaman

Harus Benar-Benar Dipersiapkan

FOTO: Ribuan Tenaga Kesehatan Jalani Vaksinasi Dosis Pertama Secara Massal
Perbesar
Vaksinator menyuntikkan vaksin COVID-19 dosis pertama produksi Sinovac kepada tenaga kesehatan saat vaksinasi massal di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (4/2/2021). Kegiatan yang digelar Kemenkes dan Pemprov DKI Jakarta tersebut sebagai upaya percepatan vaksinasi COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Politikus PDI Perjuangan itu meminta pemerintah benar-benar mempersiapakn vaksinasi Covid-19, khususnya bagi lansia.

"Kita harapkan pemerintah bener benar mempersiapkan proses pelaksananaan di lapangan agar berjalan lancar, optimalakan proses vaksinasi agar target dr pemerintah 15 bulan benar terealisasi proses vaksinasinya," tandas Rahmad.

3 dari 4 halaman

4 Manfaat Penting Vaksinasi Covid-19

Infografis 4 Manfaat Penting Vaksinasi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 4 Manfaat Penting Vaksinasi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by