Kampung Melayu Terendam Banjir, Anak-Anak dan Lansia Dievakuasi

Oleh Rinaldo pada 07 Feb 2021, 21:42 WIB
Diperbarui 07 Feb 2021, 21:43 WIB
Sudin SDA Kewalahan Bersihkan Sampah Bukit Duri
Perbesar
Petugas Sudin Sumber Daya Air (SDA) memunguti sampah-sampah yang tergenang saat banjir di kawasan Kampung Melayu Kecil, Bukit Duri, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Banjir tersebut akibat luapan sungai Ciliwung. (merdeka.com/magang/ Muhammad Fayyadh)

Liputan6.com, Jakarta - Permukiman penduduk di kawasan Kebon Pala, Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur terendam banjir dengan ketinggian satu meter lebih akibat luapan Sungai Ciliwung, Minggu (7/2/2021) sore.

"Banjir di sini kiriman dari Kali Ciliwung. Ketinggian sore ini sekitar 130 sentimeter," kata Petugas Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) DKI Jakarta Yodi DD saat melakukan evakuasi korban banjir di RW05 Kebon Pala.

Sejumlah petugas gabungan telah disiagakan di lokasi banjir di antaranya BPBD DKI bersama petugas dari Polairud untuk mengevakuasi korban banjir menggunakan perahu karet.

Korban banjir yang dievakuasi mayoritas anak-anak dan manula. Mereka dibawa menuju lokasi pengungsian di aula kantor kelurahan dan sekolahan di wilayah setempat.

Yodi mengatakan banjir di Kebon Pala terjadi akibat luapan Kali Ciliwung yang merupakan kiriman air dari Katulampa, Bogor, Jawa Barat.

Lurah Kebon Kampung Melayu Setiyawan mengatakan banjir kali ini merupakan kali kedua terjadi sejak Jumat (5/2/2021) lalu.

"Terdapat sekitar 817 warga di RW04, RW05, RW07 dan RW08 Kebon Pala yang kini terdampak banjir," katanya seperti dikutip Antara.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Mayoritas Warga Bertahan

Pihaknya telah mengarahkan petugas terkait untuk mengevakuasi warga sekitar menuju lokasi pengungsian sementara. Sebab mayoritas korban banjir hingga saat ini memilih bertahan di lantai dua rumah mereka.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya