Menkes Budi Gunadi Sebut Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia Dimulai Besok

Oleh Liputan6.com pada 07 Feb 2021, 18:14 WIB
Diperbarui 07 Feb 2021, 18:14 WIB
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin
Perbesar
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin memberi keterangan pers Indonesia sejuta kasus COVID-19 usai menghadiri rapat yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa, 26 Januari 2021 di Kantor Presiden, Jakarta. (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan vaksinasi Covid-19 terhadap masyarakat yang sudah lanjut usia atau lansia di atas 60 tahun akan dimulai besok Senin 8 februari 2021.

Ikuti cerita dalam foto ini https://story.merdeka.com/2303605/volume-5

Sebelumnya, BPOM menyetujui penggunaan vaksin Covid-19 buatan Sinovac Biotech untuk lansia di atas 60 tahun.

"Mulai besok hari Senin jam 9, vaksinasi untuk orang-orang dengan usia di atas 60 tahun bisa kita mulai," kata Budi Gunadi dalam konferensi pers virtual terkait vaksinasi Covid-19 untuk Lansia, Minggu (7/2/2021).

Meski demikian, lansia yang mendapatkan prioritas terlebih dahulu untuk menerima vaksinasi Covid-19 adalah para tenaga kesehatan.

"Dengan prioritas pertama adalah tenaga kesehatan," ungkap Budi Gunadi.

Dia pun mengatakan bahwa ada sekitar 11 ribu tenaga kesehatan yang berusia di atas 60 tahun yang menjadi prioritas menerima vaksinasi Covid-19 ini.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Lansia Rentan

Budi Gunadi juga memandang, izin dari BPOM atas penggunaan vaksin Sinovac untuk lansia dilakukan untuk mengurangi angka kematian Covid-19 pada usia lansia.

Selain itu, lanjut Budi, pemberian izin tersebut juga merupakan upaya untuk mengurangi jumlah kasus aktif Covid-19. Sebagai gambaran saja, mereka ada 10 persen lansia terpapar Covid-19 dan 47,3 persen meninggal akibat virus ini.

"Ini membuktikan lansia risiko tertularnya tinggi," kata dia.

Reporter: Rifa Yusya Adilah

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓