Sukses

PT KAI: 2.580 Orang Telah Gunakan Layanan Genose di Stasiun Pasar Senen

Jumlah tersebut adalah hasil akumulatif selama tiga hari terakhir.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, sebanyak 2.580 calon pengguna kereta api jarak jauh, telah menggunakan layanan Genose C-19 di Stasiun Pasar Senen. Jumlah tersebut merupakan angka akumulatif, dari total pengoperasian Genose C-19 dalam 3 hari ini.

"Untuk hari ini, berdasarkan data masuk pukul 15.00 WIB, terdapat sekitar 700 calon penumpang yang menggunakan layanan ini di Stasiun Pasar Senen,” kata Eva Chairunisa dari siaran pers diterima, Sabtu (6/2/2021).

Eva menyatakan, tingginya angka calon penumpang yang hendak menggunakan layanan Genose C-19, membuat PT KAI menambah jumlah alat sebanyak 4 unit. Sehingga secara total, Stasiun Pasar Senen memiliki 10 unit Genose C-19.

"Penambahan dilakukan agar layanan berjalan kondusif dan tetap mengutamakan protokol pencegahan Covid 19," terang Eva.

Eva mengingatkan, penumpang yang ingin menggunakan layanan Genose C-19 tidak boleh melakukan aktivitas makan, minum, dan merokok selama 30 menit sebelumnya. Hal ini ditujukan agar sampel napas yang diuji dapat terdeteksi dengan baik.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Wajib Bagi Penumpang di Bawah 12 Tahun

Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan No 11 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian dalam masa Pandemi Covid-19 dan SE Satgas Covid-19 No 5 Tahun 2021, pelanggan KA Jarak Jauh diharuskan menunjukkan surat keterangan hasil pemeriksaan GeNose Test atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR yang menyatakan Negatif Covid -19 sebagai syarat kesehatan bagi individu yang melakukan perjalanan.

Adapun surat keterangan hasil negatif Covid-19 dari pemeriksaan GeNose Test atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR tersebut, sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum jam keberangkatan. Persyaratan tersebut tidak diwajibkan bagi pelanggan yang berusia di bawah 12 tahun.

Di area Daop 1 Jakarta layanan pemeriksaan deteksi Covid 19 melalui hembusan napas atau yang dikenal dengan GeNose C19 ini tersedia di Stasiun Pasar Senen dan telah beroperasi mulai 3 Feb 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.