Ada Tulisan Tangerang di APD Bekas yang Dibuang di Bogor

Oleh Liputan6.com pada 06 Feb 2021, 14:40 WIB
Diperbarui 06 Feb 2021, 19:17 WIB
Cegah Penyebaran COVID-19, Puskesmas Pamulang Disterilkan
Perbesar
Petugas kesehatan memakai baju APD sedang membersihkan sampah bekas medis di Puskesmas Pamulang, Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Senin (13/04/2020). Sampah bekas medis tes Covid-19 tersebut akan dimusnahkan guna untuk mensteril kawasan puskesmas. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Liputan6.com, Jakarta - Temuan Alat Pelindung Diri (APD) bekas di Kecamatan Tenjo dan Cigudeg, Kabupaten Bogor, beberapa waktu lalu, diduga milik salah satu fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) di Tangerang, Banten.

"Dilihat dari tulisan-tulisan yang ada di kantong plastik atau beberapa tulisan yang ada di baju hazmat yang dibuang itu, tertulis Tangerang. Tapi belum tahu itu dari fasyankes pemerintah atau swasta," kata Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan, Sabtu (6/2/2021).

Ikuti cerita dalam foto ini https://story.merdeka.com/2303605/volume-5 

Saat ini, kata Iwan, pihak kepolisian dan Satgas Covid-19 masih melakukan penelusuran dan investigasi atas temuan ini. Iwan juga meminta masyarakat tidak mendekati jika menemukan sampah-sampah atau limbah serupa.

"Kan sudah dimusnahkan dan dipasangi garis polisi. Ini juga saya minta dibahas dengan lebih serius di Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor. Karena sampah medis itu tidak bisa sembarangan dibuang," tegas Iwan.

2 dari 3 halaman

Dibuang Sembarangan

Sebelumnya, puluhan karung dan kantong plastik berisi APD, seperti baju hazmat, masker hingga bekas alat suntik, ditemukan di Tenjo dan Cigudeg.

"Itu banyak, kayaknya sebelum dibuang dibawanya pakai truk itu," kata Iwan. 

Reporter : Rasyid Ali

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓