Sukses

Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj Luncurkan Buku Allah dan Alam Semesta

Buku tersebut berisi tentang pembelaan Said Aqil Siroj terhadap aliran tasawuf dalam Islam. Dia berupaya memberi pandangannya soal tasawuf.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siroj meluncurkan buku "Allah dan Alam Semesta: Perspektif Tasawuf Falsafi" di Jakarta.

"Buku ini didiskusikan bukan untuk diminta pujian sanjungan. Tapi nanti silakan ada kritik, saran, masukan. Silakan menuliskan kalau ada yang salah, saya tunggu dari semua pihak," kata Said Aqil Siroj dalam peluncuran bukunya melalui zoom yang dipantau dari Jakarta, Jumat (5/2/2021), dikutip dari Antara.

Buku tersebut berisi tentang pembelaan Said Aqil Siroj terhadap aliran tasawuf dalam Islam. Dia berupaya memberi pandangannya soal tasawuf.

Ia mengatakan, bukunya itu disarikan dari hasil disertasinya untuk mencapai gelar doktor di Fakultas Ushuluddin, Jurusan Aqidah Filsafat, Universitas Umm Al Qura, Mekkah, Arab Saudi.

Buku yang diluncurkan itu merupakan terjemahan dari karya disertasi Kiai Said yang berjudul asli "Shilatul Lah bil Kawn fit Tashawwuf Al Falsafi".

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diuji di depan 3 guru besar

Disertasi tersebut telah diujikan di depan tiga guru besar yakni Prof Dr Mahmud Ahmad Khafaji, Prof Dr Barokat Abdul Fattah Guida dan Prof Dr Nafi’h Ulayan. Ketika itu, Kiai Said mendapat predikat summa cum laude.

"Saya ingin menjawab kritikan bahkan cacian terhadap tasawuf. Di mana sih kelemahan sehingga dikritik Wahabi sehingga saya objektif membelanya atau objektif bersikap seperti apa," katanya.

Ketua panitia peluncuran buku yang juga Wasekjen PBNU Andi Najmi Fuaidi mengatakan, pada peluncuran buku sejumlah tokoh memberikan testimoni.

Andi mengatakan acara peluncuran buku dilakukan secara daring dan luring. Bagi yang hadir dilakukan tes usap terlebih dahulu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.