Sukses

Pasukan Berkuda Sambut PM Malaysia di Istana Merdeka

Kedua pemimpin negara ini akan membahas isu strategis bilateral, di antaranya terkait perlindungan WNI dan pekerja migran Indonesia di Malaysia.

Liputan6.com, Jakarta - Pasukan berkuda dan lagu Maju Tak Gentar dari korps musik Paspampres mengiringi rombongan Perdana Menteri (PM) Malaysia Tan Sri Muhyiddin Yassin saat memasuki Istana Merdeka, Jakarta. Pantauan di Istana Merdeka Jakarta via daring, rombongan PM Malaysia tiba pukul 10.40 WIB. Ini merupakan kunjungan kenegaraan Tan Sri Muhyiddin ke Indonesia untuk pertama kalinya.

Presiden Joko Widodo menyambut langsung PM Tan Sri Muhyiddin Yassin di pintu Istana Merdeka. Keduanya mengenakan setelan jas dan dasi berwarna kontras.

Turun dari mobil, PM Tan Sri langsung diajak Presiden Joko Widodo ke lapangan Istana Merdeka untuk upacara penyambutan. Lagu kebangsaan kedua negara dilantunkan bergantian. Didahului oleh lagu kebangsaan Malaysia dan diikuti Indonesia Raya.

Diketahui, kedua pemimpin negara ini akan membahas isu strategis bilateral. Satu di antaranya adalah pembahasan terkait perlindungan warga negara Indonesia (WNI) dan pekerja migran Indonesia di Malaysia.

"Kedua pemimpin akan membahas isu yang terkait bilateral. Terutama bagi Indonesia yang menjadi penting sekali adalah isu perlindungan WNI yang tinggal dan bekerja di Malaysia," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat jumpa pers di kanal daring Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (5/2/2021).

Selain perlindungan WNI dan pekerja migran Indonesia, Retno menambahkan, pembahasan juga akan menyasar soal isu kawasan dan gloabal.

"Kedua pemimpin juga akan membahas beberapa isu kawasan dan isu global," ujar Retno.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hubungan Sangat Baik

Retno menyatakan, saat ini Indonesia dan Malaysia memiliki hubungan yang sangat baik di bidang ekonomi. Sebagai negara serumpun, Retno berharap hubungan kedua negara ini menjadi lebih baik lagi di bidang strategis lainnya.

"Indonesia dan Malaysia berhubungan dengan sangat baik di bidang ekonomi. Sebagai satu rumpun kita bekerja sama juga untuk kerja sama di bidang sosial budaya," Retno menandaskan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.